Neutron Yogyakarta

Implementasikan 10 Program Pokok

Peringatan Ulang Tahun Ke-50 HKG PKK
Implementasikan 10 Program Pokok
SIMBOLIS: Ketua TP PKK saat menyerahkan hadiah pada pemenang lomba dalam rangka peringatan HKG PKK ke-50 tingkat Kabupaten Magelang.(ISTIMEWA)

MAGELANG, Koran Magelang – Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke-50 menjadi momentum mendasar dan memiliki arti penting. Terutama terkait dengan implementasi pelaksanaan 10 program pokok PKK di Kabupaten Magelang.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Christanti Handayani Zaenal Arifin mengatakan, HKG PKK ini sekaligus menjadi momentum sangat istimewa karena merupakan peringatan emas gerakan PKK di indonesia. Dia berharap, PPK dapat memperdayakan struktur PKK yang sudah ada. Baik dari tingkat pusat sampai dasa wisma.

Selain itu, juga dapat memanajemen sumber daya dan membuat program kerja. Terlebih, PKK Kabupaten Magelang ini sudah mempunyai nota kesepakatan dengan badan narkotika nasional (BNN) dan bekerja sama dengan corporate social responsibility (CSR) yang ada. Christanti menuturkan, PKK merupakan mitra kerja pemerintah. PKK sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga harus mampu menyelaraskan kebijakan pemerintah. “Dengan pola pendekatan sosial, diharapkan bisa meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan,” ujarnya di Pendopo drh Soepardi Kompleks Kantor Bupati Magelang, Senin (20/6).

Dalam rangka memperingati HKG PKK ke-50 pada 2022 ini, TP PKK Kabupaten Magelang melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. Diantaranya yakni lomba tertib administrasi kantor PKK kecamatan, bimtek sistem informasi manajemen (SIM) PKK, rakor tim pembina PKK, serta verifikasi data PKK di 21 desa binaan.

Christanti juga mengapresiasi seluruh PKK, baik di tingkat desa maupun kecamatan. Menurutnya, TP PKK desa atau kelurahan sampai ke kelompok dasa wisma merupakan ujung tombak gerakan PKK. Dia berharap, momentum ini menjadi tolok ukur untuk memompa semangat pembaharuan, mengembangkan kreasi, dan kreativitas dalam pemberdayaan keluarga dalam arti luas.

Dia menambahkan, pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh sektor hingga menurunnya kualitas hidup dan kehidupan masyarakat secara menyeluruh. Untuk itu, dia mengajak TP PKK di setiap jenjang untuk terus memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK, termasuk dasa wisma.”Karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program progran PKK, agar tetap selaras dengan program program pemerintah,” paparnya. (aya/pra)

Lainnya