Neutron Yogyakarta

Harga Daging Sapi Tembus Rp 150 Ribu per Kg

Harga Daging Sapi Tembus Rp 150 Ribu per Kg
DIBURU PEMBELI: Lapak penjualan daging sapi di Pasar Rejowinangun, Kota Magelang tampak ramai. Para penjual tetap membeli daging sapi meski harganya meroket.(NAILA NIHAYAH/RADAR JOGJA)

RADAR MAGELANG – Harga daging sapi jenis super di pasaran, tembus Rp 150 ribu per kilogram (kg). Padahal semula, harganya masih berkisar Rp 120 ribu-Rp 125 ribu per kg. Lonjakan harga tersebut disinyalir sudah terjadi sejak dua minggu menjelang Lebaran ini.

Berdasarkan pantauan, lapak daging sapi banyak diburu pembeli dari berbagai daerah. Mereka sengaja datang ke Pasar Rejowinangun untuk mendapatkan daging sapi. Meski ada lonjakan harga, namun permintaan daging semakin naik menjelang Lebaran. Tak heran jika harga daging sapi juga ikut naik.

Penjual daging sapi Rohmaniah menyebut, harga daging sapi super per kemarin (19/4) yakni Rp 145 ribu per kg. Akan tetapi, harga tersebut dipastikan bakal naik pada hari ini (20/4) dengan harga Rp 150 ribu per kg. “Kalau sebelum puasa, harganya Rp 125 ribu per kg,” kata dia di sela melayani pembeli, Rabu (19/4).

Dia menuturkan, lonjakan harga tersebut sudah terjadi sejak dua minggu ini. Biasanya, dia menjual daging 1 ekor sapi. Tapi, dia bakal menambah persediaan daging sapi karena permintaan daging dipastikan naik menjelang Lebaran.
Seorang warga Selopampang, Temanggung Nanda menyebut, harga daging sapi jenis super berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 170 ribu per kg. Untuk jenis biasa, harganya sekitar Rp 90 ribu per kg. Namun, kata dia, harga tersebut berbeda tiap lapak.

Untuk persiapan Lebaran, dia sengaja membeli daging sapi sebanyak tiga kg. “Kalau harganya, beda-beda tiap penjual. Ada yang Rp 145 ribu, ada yang Rp 150 ribu. Ini saya beli sedikit, hanya tiga kg untuk persiapan Lebaran,” ujarnya.
Selain daging sapi yang mengalami lonjakan harga, daging ayam juga ada kenaikan. Yakni Rp 37 ribu per kg dari yang semula Rp 35 ribu per kg. “Ada yang jual lebih dari harga itu (Rp 37 ribu per kg). Karena memang harga daging ayam naik setiap hari,” ujar pedagang daging ayam Nora.

Meski mendekati Lebaran, tapi dia belum berani menambah persediaan daging ayam. Lantaran animo masyarakat untuk berbelanja, masih belum ada peningkatan. Dia memprediksi, masa ramai akan terjadi hari ini (20/4) hingga Jumat (22/4). Karena belum banyak pemudik yang datang ke Kota Magelang.

Selain daging sapi dan ayam mengalami kenaikan harga, justru komoditas cabai mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Untuk cabai setan, harganya Rp 25 ribu per kg dari yang semula Rp 35 ribu per kg. “(Harganya) mulai turun hari ini. Cabai keriting harganya juga turun. Sekarang Rp 40 ribu dari Rp 50 ribu per kg,” ujar pedagang cabai Suruwiyah. (aya/pra/sat)

Lainnya

Exit mobile version