Neutron Yogyakarta

Peserta Mudik Gratis Berdatangan

Peserta Mudik Gratis Berdatangan
SUDAH TIBA: Para pemudik gratis dari berbagai wilayah mulai berdatangan di Terminal Tidar Kota Magelang, Selasa malam (18/4).(Naila Nihayah/Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – Puluhan peserta mudik mulai berdatangan di Terminal Tidar Kota Magelang, Selasa malam (18/4). Jumlahnya ada 155 orang dari delapan bus yang difasilitasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada program mudik gratis.

Selain itu, masih ada para peserta mudik gratis lain yang difasilitasi oleh Jasa Raharja, BUMN, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, hingga pihak swasta. Namun, ada juga yang tidak berhenti di Terminal Tidar. Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tidar Kota Magelang Joko Purnomo menuturkan, pada Senin (17/4), ada 27 penumpang bus dari Pemprov Banten dan dari Bank Jateng enam penumpang. “Sisanya ada empat bus dari perusahaan, penumpangnya turun di sini 49 orang,” terangnya.

Kemudian, pada Rabu (19/5), ada tiga bus dari Kemenhub yang masuk ke Terminal Tidar. Karena dipastikan, total armada yang digunakan untuk mudik gratis dengan tujuan Magelang ada 11 bus. Juga dari beberapa bus lain.Dia mengatakan, ada kenaikan jumlah penumpang bus di Magelang, yakni antara 30 hingga 35 persen dibanding tahun sebelumnya. “Angkutan Lebaran yang tiba di Terminal Tidar sudah terjadi sejak tanggal 14 April dan diprediksi akan ada hingga 1 Mei 2023,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang bus, sudah disiapkan beberapa bus cadangan. Selain itu, penumpang juga bisa memanfaatkan ruang tunggu dan teras yang telah disediakan. Tak hanya itu, pengelola juga menyiapkan air dan sudah dibangun posko terpadu di depan terminal.

Sementara itu, pemudik dari Serpong Inem mengaku antusias saat pemerintah memberikan fasilitas mudik gratis. Dia mengaku, sudah beberapa kali mengikuti program tersebut. “Tujuannya ke Bligo, Ngluwar bareng suami dan anak-anak saya. Berangkat dari Pulogebang, Jakarta Timur pukul 09.00,” jelasnya. (aya/pra/sat)

Lainnya