Neutron Yogyakarta

Arus Lalu Lintas Alami Kenaikan 12 Persen

Arus Lalu Lintas Alami Kenaikan 12 Persen
MULAI BALIK: Para pemudik mulai memadati Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang untuk kembali ke tanah rantau.(Naila Nihayah/Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – Selama periode libur Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang mencatat fluktuasi kendaraan yang keluar dan masuk di kota ini. Jumlah volume kendaraan mulai 17-23 April 2023, yakni 526.610. Namun, kenaikan yang signifikan terjadi pada Kamis (20/4) sebanyak 91.425. Pemantauan tersebut dilakukan oleh tim dari Automatic Traffic Control System (ATCS) selama 24 jam.

Kepala Dishub Kota Magelang Candra Wijatmiko Adi menuturkan, selama arus mudik dan balik pada Lebaran 2023 ini, arus lalu lintas mengalami peningkatan sebesar 12 persen dari hari biasanya. Meski jumlah kendaraan pada arus balik mulai berkurang, namun masa angkutan Lebaran diprediksi terjadi hingga 2 Mei mendatang.

Kendati begitu, lalu lintas pada masa arus balik ini terpantau ramai lancar. Pada Senin (24/4), tercatat ada kenaikan sebanyak 9.436 atau jumlahnya 70.127 kendaraan yang keluar dan masuk di Kota Magelang. Bahkan, selama arus balik ini sempat terjadi kendala di beerapa titik rawan macet. Sebelumnya, dia telah memprediksi ada total satu juta kendaraan yang melintasi kota ini.

Dia mengatakan, pada masa libur Lebaran saat ini kendala kemacetan terjadi pada Jalan A. Yani. Tepatnya di tugu batas kota. “Untuk simpang lainnya, baik itu di dalam maupun simpang lingkar luar Kota Magelang terpantau cukup ramai namun tetap lancar dan tidak ada kendala kemacetan yang berarti,” terangnya, Kamis (27/4).

Selain itu, ada dua simpang yang kerap terjadi kemacetan saat masa ramai seperti ini. Yakni di Simpang Canguk dan Trio. Namun demikian, dishub tetap melakukan pemantauan secara berkala serta rekayasa fase alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) maupun lalu lintas di lapangan. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengurai kemacetan yang terjadi.

Untuk itu, dishub telah menerapkan strategi untuk mengatasi kemacetan dan mengurai arus lalu lintas. Termasuk bekerja sama dengan Satlantas Polres Magelang Kota. Yakni dengan cara melakukan flashing traffic light dan merubah waktu siklus pada traffic light yang sekiranya dapat menyebabkan kemacetan.

Sementara itu, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang Joko Purnomo menyebut, mobilitas angkutan Lebaran di terminal masih terbilang tinggi. Pada Rabu (26/4) jumlah penumpang naik 320 persen dari hari biasa. Terlebih, tiket bus reguler hingga 1 Mei ludes terjual. “Animo mudik tahun ini memang tinggi,” urainya. (aya/pra/sat)

Lainnya

Exit mobile version