Neutron Yogyakarta

Ganjar Sambangi Tiga Siswa yang Berkirim Surat

Ganjar Sambangi Tiga Siswa yang Berkirim Surat
SUKA CITA: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkesempatan untuk mengunjungi para siswa di SD Kanisius Kenalan, Borobudur, kemarin (8/5). Mereka tampak senang dengan kedatangannya.(Prokompim Setda Kabupaten Magelang)

RADAR MAGELANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo beserta rombongan mengunjungi SD Kanisius di Desa Kenalan, Borobudur setelah menerima surat dari tiga siswa di sekolah tersebut. Surat itu berisi permintaan agar Ganjar bisa berkunjung dan menyaksikan kegiatan para siswa.

Seperti diketahui, para siswa menyebut sekolahnya sebagai Republik Anak Kenalan (RAK). “Jadi, kemarin ada tiga siswa (SD Kanisius Kenalan) yang mengirim surat ke saya. Yang meminta ‘Pak Gubernur datang dong ke sekolahan saya’ ke RAK,” ungkap Ganjar di sela mengunjungi SD Kanisius Kenalan, kemarin (8/5).

Ketiga siswa SD Kanisius Kenalan yang mengirim surat kepada Gubernur Jateng yakni Maria Gita, Vicencia Love, dan Maria Alena. Bukan tanpa sebab ketiga siswa ini berani mengirimkan surat kepada orang nomor satu di Jawa Tengah itu. Mereka ingin menunjukkan beberapa kegiatan di sekolahnya yang dirasa sangat menarik.

Para siswa tidak hanya belajar mengenai pendidikan formal saja. Tetapi juga mengajarkan tentang tilik belik (sumber mata air), sobowono (jelajah alam), tospo (tengok orang sakit dan jompo), mider kutha (jelajah wisata), dan remen peken (suka pasar).

Ganjar menyebut, program-program yang dibuat sangat bagus untuk diperkenalkan kepada para siswa sejak dini. Dia pun mendorong pihak sekolah untuk melanjutkan dan menerapkan program itu. “Jadi, anak-anak sudah diajarkan sejak kecil mau mengerti kondisi lingkungannya secara khusus. Bahwa mata air sebagai sumber kehidupan,” jelasnya

Dia mengapresiasi kegiatan remen peken atau suka ke pasar. Sehingga anak-anak mulai kenal dengan kegiatan setiap hari yang ada di lingkungan mereka. “Kalau Bung Karno bilang, kepribadian dalam kebudayaan. Jadi, kita punya kebudayaan yang unggul, bagaimana manusia saling menghormati sesama, menghormati yang lebih tua, dan itu dikenalkan sejak dini” katanya.

Maria Gita, salah satu siswa SD Kanisius Kenalan kelas 6 yang menulis surat ke Ganjar mengaku bahagia karena suratnya dibaca langsung oleh Ganjar. Terlebih, dia tidak menyangka jika orang nomor satu di Jateng itu datang langsung ke sekolahnya dan menemui para siswa.

Dia juga mengidolakan sosok Ganjar yang gemar menyapa anak-anak dan dekat dengan seluruh kalangan masyarakat. “Saya senang dan nge-fans sama Pak Ganjar karena senang kalau sama anak-anak dan Pak Ganjar juga suka membantu masyarakat,” ungkap Gita. Pada kesempatan yang sama, Ganjar juga memberikan hadiah berupa ponsel kepada tiga siswa SD tersebut. (aya/bah/sat)

Lainnya