Neutron Yogyakarta

Gajah Lisi, Eca dan Endra Kembali ke GL Zoo

Gajah Lisi, Eca dan Endra Kembali ke GL Zoo
DILINDUNGI: Tiga ekor gajah Sumatera hibah dari Taman Wisata Candi (TWC) Magelang sudah sampai ke Gembira Loka Zoo Jogja.(GL ZOO)

RADAR MAGELANG – Tiga ekor gajah Sumatera hibah dari Taman Wisata Candi (TWC) Magelang sudah sampai ke Gembira Loka Zoo Jogja pada Rabu (14/6). Mereka adalah Lisi usia 36 tahun, Eca usia 36 tahun dan Endra usia 30 tahun. Setelah 2010, akhirnya ketiga gajah kembali ke GL Zoo.

Tim Dokter Hewan Gembira Loka, Danujaya Widigdaya mengatakan ketiga gajah dalam pemantauan. Rangkaian pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan dan kondisi ketiganya sehat. Mulai cek darah, hingga pengecekan-pengecekan lainnya. “Sejauh ini, ketiganya pun sudah berinteraksi dengan gajah-gajah lainnya, sudah baik, begitu juga nafsu makannya, baik juga,” jelasnya di Gembira Loka, Jumat (16/6./23).

Ketiganya tidak langsung dilepas di area gajah. Namun akan dipantau dan dikenalkan dengan pawang yang baru. Sejauh ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan kepada ketiga gajah tersebut.

Baca Juga: Masuki Libur Lebaran, GL Zoo Diserbu Wisatawan Keluarga

Manager Humas GL Zoo Yosi Hermawan mengatakan translokasi dari Borobudur Magelang menuju GL Zoo berjalan lancar. Ketiga gajah sampai di Jogja dalam kondisi sehat. Dengan kehadiran ketiganya, maka total gajah di GL Zoo menjadi 12 ekor. “GL Zoo dipilih karena dekat dan dipandang mampu mengelola mereka, kami berharap gajah-gajah ini bisa tumbuh dengan baik dan berkembang biak di sini,” jelasnya.

Yosi menyebut ketiga gajah itu sebetulnya pernah datang ke Jogja. Saat itu 2010 erupsi Gunung Merapi. Mereka dievakuasi ke Jogja agar aman dan tidak terkena debu vulkanik. Erupsi saat itu cukup besar. “Mereka waktu itu dievakuasi sementara ke GL Zoo. Jadi ini kali kedua mereka datang ke GL Zoo. Tapi waktu itu kan tidak lama. Setelah kondisinya kondusif. Mereka dikembalikan lagi ke Borobudur,” jelasnya. (lan/pra/sat)

Lainnya