Neutron Yogyakarta

Seribu Personel Gabungan Amankan Gelaran KIE

Seribu Personel Gabungan Amankan Gelaran KIE
BERSIAP : Apel gelar pasukan untuk memastikan kesiapan para personel untuk pengamanan gelaran KIE 2023. (M HAFIED/RADAR KEBUMEN)

RADAR MAGELANG – Seribu personel gabungan disiapkan untuk mengamankan gelaran Kebumen International Expo (KIE) 2023. Hari ini para personel telah bersiaga di pos pengamanan masing-masing untuk menyambut pembukaan KIE.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin mengatakan, polisi akan berkolaborasi dengan berbagai jajaran, termasuk personel polres dari kabupaten terdekat.

Dengan harapan seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan aman dan lancar. “KIE tahun lalu, tidak ada satupun helm hilang. Artinya aman. Kali ini kita bertekad lebih baik dari tahun kemarin. Ini tugas pokok kita,” katanya, saat memimpin apel gelar pasukan di halaman Setda Kebumen, kemarin (16/6).

Burhanuddin menyebut, personel Polres Kebumen akan diperkuat dari unsur TNI, Satpol PP, Brimob, BPBD dan petugas pemadam kebakaran. Dia meminta agar seluruh petugas keamanan untuk melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Kemudian menggunkaan pendekatan humanis sesuai operasional dam prosedur. “Lakukan pengamanan humanis. Yang kita amankan ini bukan aksi demontrasi. Masyarakat butuh keamanan, kenyamanan dan ketenangan,” ucapnya.

Dalam melaksanakan tugas, lanjut Burhanuddin, personel gabungan akan melakukan pengamanan intensif yang tersebar di berbagai titik. Waktu pengamanan juga akan terbagi menjadi dua waktu, yakni siang dan malam. “Setiap komandan harus paham dengan situasi dan kondisi. Maka keterpaduan, komunikasi dan koordonasi menjadi penting” sambungnya.

Dijelaskan, KIE yang sudah kali kedua digelar ini rencananya bakal berlangsung mulai 17-24 Junir 2023. Seluruh rangkaian kegiatan diagendakan berpusat di Alun-alun Kebumen. Selama delapan hari itu, akan dimeriahkan berbagai hiburan dan pertunjukkan. Salah satunya mengundang band kenamaan seperti, Dewa 19, Coklat, Ungu, Nella Karisma hingga kelompok musik dangdut Adella. Kemudian ada Emha Ainun Najib atau Cak Nun bersama Kiai Kanjeng setta Habib Syech Assegaf.

Sementara itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meminta masyarakat agar menikmati seluruh rangkaian kegiatan dengan tertib. Saling menjaga dengan memperhatikan aspek keamanan. Dia menegaskan, aparat keamanan bakal menindak tegas manakala terjadi unsur pelanggaran tindak pidana. “Jadi yang mau nyopet di Kebumen pergi jauh-jauh, karena Polres lebih sigap dari para pencopet,” tandasnya. (fid/bah/sat)

Lainnya