Neutron Yogyakarta

Musuem Tosan Aji Tempat Edukasi Sejarah

Musuem Tosan Aji Tempat Edukasi Sejarah
Seorang pengunjung Museum Tosan Aji tengah melihat koleksi tosan aji di museum tersebut.JIHAN ARON VAHERA/RADAR PURWOREJO

RADAR MAGELANG – Kunjungan di Museum Tosan Aji bulan ini meningkat dibandingkan dengan bulan kemarin. Total kunjungan tahun ini hingga Senin (27/6) terdapat 9.665 orang.

Jumlah tersebut didominasi oleh para pelajar dibandingkan dengan masyarakat umum. Para pelajar berkunjung ke Museum Tosan Aji dengan tujuan untuk melakukan wisata edukasi dan sejarah.

“Museum Tosan Aji itu kategori pengunjungnya pelajar, mahasiswa, dan umum. Kunjungan dari pelajar mendominasi,” ujar Kabid Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purworejo Dyah Woro Setyaningsih, Selasa (27/6).

Saat ini, pihaknya memang tengah menggencarkan sekolah-sekolah baik TK/PAUD, SD, dan juga SMP untuk berkunjung dan belajar di Museum Tosan Aji. Dibandingkan, harus melakukan study banding di wisata yang berada di luar daerah.

Disebutkan, total pengunjung di Januari ada 1.424 orang, Februari 1.259 orang, Maret 3.978 orang, April 89 orang, Mei 809 orang, dan Juni hingga Selasa (27/6) ada 2.106 orang. “Total ada 9.665 pengunjung dan 7.931 di antaranya adalah pelajar,” kata dia.

Museum Tosan Aji buka setiap hari kecuali Senin dan saat hari libur nasional. Selasa-Kamis buka setiap pukul 08.00 sampai 15.30, sedang Jumat-Minggu buka dari pukul 08.00 sampai 14.00 saja. “Libur hari raya kurban, Museum Tosan Aji juga libur,” ungkapnya.

Terkait tarif, antara masyarakat umum dengan pelajar dan mahasiswa berbeda. Yakni, untuk pelajar atau mahasiswa harga tiket masuknya Rp 2.500, sedang masyarakat umum Rp 5 ribu per orang. (han/bah/sat)

Lainnya