Neutron Yogyakarta

UMP Latih Mahasiswa Jadi Shohibul Kurban

UMP Latih Mahasiswa Jadi Shohibul Kurban
Proses penyembelihan hewan kurban di UMP Purworejo Rabu (28/6).ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) sembelih hewan kurban Rabu (28/6/23). Para mahasiswa UMP dilatih untuk menjadi shohibul kurban.

Koordinator Penyembelihan dan Distribusi Hewan Kurban, UMP Purworejo Nuhim menyebutkan, tahun ini UMP memotong empat ekor sapi. Yakni, dua ekor sapi dari pegawai dan dosen, sedang dua ekor lainnya berasal dari iuran mahasiswa.

Menurut dia, hal sebagai ajang melatih para mahasiswa untuk berkurban. Harapannya suatu saat nanti mereka termotivasi untuk menjadi shohibul kurban. Kalau yang dua kan benar-benar dari pegawai dan dosen. Setiap tahun kami jadwalkan 14 orang dari pegawai dan dosen. Modelnya digilir,” katanya Rabu (28/6/23).

Disebutkan, dari empat ekor sapi yang disembelih tersebut bisa dibagi menjadi sekitar 1.000 kantong. Per kantong terdiri dari setengah kilo daging ditambah dengan jeroan, tulang, dan kulit.Daging kurban distribusikan untuk masyarakat sekitar, pedagang kaki lima, tukang parkir, hingga desa-desa binaan. Mahasiswa juga mengajukan siapa yang akan diberikan hewan kurban itu. ”Tadi kami mulai pukul 08.00, selesai pemotongan sekitar pukul 10.00, pengemasan hewan kurbannya selesai sekitar pukul 11.00,” ungkap Nuhim.

Setiap tahun, pihaknya selalu memastikan kesehatan hewan kurban yang akan disembelih. Yakni, dengan membuat surat permohonan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Purworejo untuk mengecek kesehatan sapi.”Setelah disembelih hatinya juga dicek. Alhamdulillah tadi sehat semua, hanya ada satu sapi yang hatinya ada cacingnya tetapi tidak masalah, kami buang hatinya,” sebut dia.

Sementara, tahun ini warga Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo melaksanakan salat Idul Adha di sebanyak 27 titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Purworejo. Pantauan Radar Purworejo pada Rabu (28/6) ratusan jemaah mengikuti salah Idul Adha di Alun-Alun Purworejo dengan khidmat. Yakni, dengan imam dan khatib Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo Dandung Danadi.

Meski salat Idul adha dilaksanakan pada Rabu (28/6), sebagian warga Muhammadiyah melakukan penyembelihan hewan kurban pada Kamis (29/6) sesuai dengan anjuran dari PP Muhammadiyah. (han/pra)

Lainnya