Neutron Yogyakarta

Bantu Polisi Cegah Aksi Kejahatan, Polresta Magelang Beri Piagam Penghargaan

Bantu Polisi Cegah Aksi Kejahatan, Polresta Magelang Beri Piagam Penghargaan
TERIMA KASIH: Dua pelajar SMP di Kecamatan Ngluwar mendapat piagam penghargaan dari Kapolresta Magelang karena ikut membantu polisi dalam mencegah aksi kejahatan.Humas Polresta Magelang

RADAR MAGELANG – Tugas menjaga keamanan dan ketertiban bukan hanya polisi. Warga pun memiliki kewajiban yang sama. Termasuk parab pelajar. Buktinya dua pelajar usia SMP di Kota Magelang yang turut menggagalkan aksi kejahatan. Aksi mereka pun diganjar penghargaan.

NAILA NIHAYAH, MUNGKID

Dua pelajar SMP bernama Weni Yuli Rahmawati, 13 dan Dwi Fitkaningsih, 13 ini mendapat penghargaan dari Kapolresta Magelang usai menggagalkan aksi kejahatan pada Sabtu (18/3/23) lalu. Mereka pun tampak senang dan tidak menyangka. Lantaran tindakan mereka bisa mengantarkan keduanya mengantongi piagam penghargaan.

Weni mengaku senang karena mendapat kebaikan dari Kapolresta Magelang. Dia berharap, tindakannya bersama Dwi bisa menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk terus berbuat baik. “Kami sangat senang dapat penghargaan ini,” ujarnya usai mendapat penghargaan, Jumat (30/6/23).

Baca Juga: Ariani Putri Siswi SMM, Peraih Golden Buzzer America’s Got Talent 2023

Kapolsek Ngluwar Iptu Hony Zulkirom menjelaskan, tindak kejahatan itu terjadi pada Sabtu (18/3/23) lalu sekitar pukul 12.45. Saat itu, Weni yang menjadi korban, hendak membeli bakso di warung yang berada di Dusun Beteng, Desa Bligo, Ngluwar.

Tiba-tiba, ada dua orang laki-laki dan perempuan berboncengan mendekat ke arahnya. Weni yang meletakkan ponselnya di dashboard motor, lantas diambil oleh kedua pelaku dan pergi. Mendapati ada tindak kejahatan di depannya, Dwi kemudian mengejar mereka, disusul dengan Weni yang ikut berlari mengejar. Dwi berhasil menarik tas milik pelaku perempuan.

Akibat tarikannya, tali tas tersebut putus dan berhasil direbut oleh Dwi. Merasa aksinya gagal, pelaku perempuan pun membanting ponsel milik Weni dan melarikan diri. “Selanjutnya dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian dan pelaku dapat diamankan,” ungkapnya.

Baca Juga: Pelaku Eksibisionis Menyasar Siswi SMK

Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono menyebut, selain memberikan penghargaan kepada dua pelajar itu, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada personel kepolisian yang berprestasi. Dia berharap, penghargaan yang diberikan bisa dipertahankan dengan baik.

Pemberian penghargaan ini, kata dia, sebagai bentuk informasi bahwa reward dan punishment terus berjalan. Personel kepolisian yang melanggar aturan, akan diberikan hukuman. Sedangkan personel yang berprestasi, tentu mendapat penghargaan. “Semoga penghargaan ini bisa menginspirasi dan menjadi contoh bagi rekan yang lain untuk terus berbuat baik,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, sebanyak 31 personel Polresta Magelang naik pangkat periode 1 Juli 2023. Untuk mencapai titik tersebut, setiap personel membutuhkan proses yang tidak mudah. Khususnya tidak diperbolehkan melakukan pelanggaran tertentu.

Baca Juga: Cegah Stunting, Siswi Terima TTD

Dia menyebut, kenaikan pangkat merupakan hak setiap personel. “Rekan-rekan semua berhak naik pangkat di level apapun. Termasuk PNS Polri juga. Namun demikian, semua itu melalui proses yang tidak mudah,” bebernya.

Selain itu, dia meminta agar terus memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sepenuh hati dan maksimal. Dia berpesan, agar pangkat yang diperoleh, dapat dipertahankan. Lebih-lebih bisa naik lagi.

Ruruh juga meminta agar personel meniru contoh anggota lain yang memiliki pangkat tinggi dan berprestasi. “Mudah-mudahan ke depan bisa sukses terus, berjenjang sampai level tertinggi yang diharapkan. Ikuti aturan dan tunjukkan kinerja yang maksimal,” tegasnya. (pra)

Lainnya

Exit mobile version