Neutron Yogyakarta

Cosplay Kartun Jepang, Berharap Ikut Kompetisi Internasional

Cosplay Kartun Jepang, Berharap Ikut Kompetisi Internasional
BUDAYA MANGA: Kegiatan Komunitas Ensaku Purworejo di Art Center pada Minggu (2/7). Berbagai aktivitas terkait Jepang dilakukan komunitas yang saat ini terdiri dari 137 anggota itu.JIHAN ARON VAHERA/RADAR PURWOREJO

RADAR MAGELANG – Budaya Jepang rupanya sudah banyak disenangi oleh sebagian besar masyarakat, khususnya di Kabupaten Purworejo. Di Kabupaten Purworejo sendiri, terdapat komunitas bernama Komunitas Ensaku (Eien No Sakura) Purworejo.

JIHAN ARON VAHERA, Purworejo,

Komunitas Ensaku Purworejo merupakan komunitas pecinta jejepangan yang ada di Kabupaten Purworejo dan masih baru. “Baru terbentuk 19 Maret 2023 lalu,” kata salah satu pengurus komunitas tersebut Alviyan Yoga kepada Radar Purworejo Minggu (2/7).

Disebutkan, kegiatan dari komunitas tersebut mencakup hobi-hobi jejepangan. Seperti, penghobi gambar-gambar komik atau manga, cosplay, game, hingga cover lagu Jepang. “Anggotanya sekarang ada 137 orang ada dari Kebumen, tapi kebanyakan orang Purworejo,” ungkapnya.

Anggotanya pun terdiri dari segala kalangan dengan rentang usia 12 – 30 tahun. “Kami ada karena ingin memfasilitasi orang-orang yang punya hobi sejenis agar bisa berkembang bareng-bareng dan bisa lebih maju,” sambung Alviyan.
Dia menyebutkan, biasanya mereka melakukan kegiatan di sekitaran Alun-Alun Purworejo. Mereka baru berkegiatan sebanyak tiga kali sejak terbentuk. Kegiatan ketiga mereka lakukan di Art Center Purworejo pada Minggu (2/7), pantauan Radar Purworejo pada Minggu (2/7) pagi sejumlah anggota komunitas itu melakukan cosplay kartu Jepang.

Mereka tampak nyaman dan percaya diri menggunakan kostum-kostum tersebut. Sembari memperagakan karakter dari kostum yang mereka kenakan. Ke depan, mereka berharap dapat berkegiatan lagi dengan agenda yang lebih bermanfaat.

Harapannya, lanjut dia, bisa mengembangkan bakat dan potensi para peserta terutama dalam hal jejepangan. Yang pintar menggambar biar ada wadah untuk menyalurkan bakatnya, bagi pecinta cosplay bisa lebih berkembang lagi mungkin jadi maker. “Sekarang kan banyak yang jual kostum, syukur-syukur bisa untuk diikutkan kompetisi,” harap dia.

Terlebih, saat ini kompetisi cosplay sudah sampai ranah internasional. Dan, banyak juga kesempatan bagi para pecinta jejepangan di Kabupaten Purworejo untuk berpartisipasi dalam agenda-agenda tersebut. (pra)

Lainnya