Neutron Yogyakarta

Pensiun, Purnawirawan Diberi Kambing

Pensiun, Purnawirawan Diberi Kambing
PENGHARGAAN : Polres Kebumen menggelar prosesi upacara kenaikan pangkat sekaligus wisuda purna bhakti personel. HUMAS POLRES KEBUMEN

RADAR MAGELANG – Hari Bhayangkara ke-77 menjadi momen membahagiakan bagi 43 personel Polres Kebumen. Mereka diberi kepercayaan naik pangkat satu tingkat per 1 Juli 2023. Pada saat yang bersamaan ada anggota yang pensiun. Sebagai bekal di masa tua, mereka mendapat kambing.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menyampaikan, peringatan Hari Bhayangkara merupakan waktu yang tepat untuk memberikan apresiasi bagi para personel. Polres Kebumen juga menggelar upacara wisuda purna bakti kepada personel yang memasuki masa pensiun. Total ada sembilan personel. Di antaranya AKBP Purnawirawan Mawakhir mantan Kabag SDM Polres Kebumen.

Burhanuddin menambahkan, masa pensiun bukan akhir dari penugasan sebagai insan bhayangkara. Para pensiunan masih bisa terus menjalin hubungan dan berkomunikasi dengan Polres Kebumen dan menjadi anggota organisasi purnawirawan Polri. “Upacara ini adalah bentuk penghormatan dari institusi kepada bapak ibu sekalian,” ucapnya saat memimpin upacara kenaikan pangkat, Senin (3/7).

Pada kesempatan itu, para personel dilepas melalui upacara pedang pora, lalu diarak keliling kota Kebumen. Mereka juga diberikan kambing untuk diternak para purnawirawan.

Di saat bersamaan ada pula anggota yang naik pangkat. Menurut dia, kenaikan pangkat ini diraih bukan dengan mudah, namun melalui dedikasi tinggi serta profesionalitas dalam bertugas. “Kenaikan pangkat bukan hak yang diterima, tapi adalah bentuk kinerja. Jadi kenaikan pangkat harus melalui usaha dan kerja keras,” jelas AKBP Burhanuddin,

Burhanuddin menyebutkan, dari 43 personel masing-masing dari pangkat bripda ke briptu 15 personel, briptu ke brigadir empat personel, lalu pangkat dari brigadir ke bripka empat personel.Kemudian, kenaikan pangkat dari aipda ke aiptu 15 personel, pangkat aiptu ke ipda tiga personel, pangkat ipda ke iptu satu personel. Terakhir pangkat AKP ke kompol satu personel.

Menurut Burhanuddin, kenaikan pangkat tidak terlepas dari peran pasangan. Sosok pasangan sangat berpengaruh dalam mendukung karir di institusi kepolisian. Karena itu, prosesi upacara kenaikan pangkat juga dihadiri seluruh istri dan suami masing-masing. “Dukungan keluarga turut menyumbang kesusksesan para personel yang naik pangkat,” jelasnya.

Kenaikan pangkat ini, kata Burhanuddin, juga diikuti penambahan besaran gaji yang diperoleh setiap personel. Sehingga diharapkan berdampak pada sisi ekonomi masing-masing personel. (fid/pra)

Lainnya

Exit mobile version