Neutron Yogyakarta

Paduan Suara Untidar Raih Emas dan Perak di Ajang Internasional

Paduan Suara Untidar Raih Emas dan Perak di Ajang Internasional
BERPRESTASI: Paduan Suara Mahasiswa Grandio Sonora Tidar (PSM GST) Universitas Tidar (Untidar) tampil maksimal dalam perhelatan International Choral Festival Orientale Concentus, Singapore 2023 pada Minggu (2/6) lalu.(Humas Untidar)

RADAR MAGELANG – Paduan Suara Mahasiswa Grandio Sonora Tidar (PSM GST) Universitas Tidar (Untidar) berhasil meraih prestasi internasional pada perhelatan 13th International Choral Festival Orientale Concentus, Singapore 2023, Minggu (2/6/23) lalu. Yakni silver grade I kategori Mixed Voice A3 Senior Youth dan Gold Grade III kategori Folksong. Seperti apa?

Naila Nihayah, Magelang

Di bawah bimbingan konduktor Alex Henry Eko Prabowo, sebanyak 28 mahasiswa Untidar berlaga dengan apik. Prestasi ini amat dinanti. Mengingat PSM GST sempat vakum beberapa tahun untuk mengikuti ajang internasional akibat pandemi.

Alex menyebut, perjalanan untuk meraih penghargaan itu tidaklah mudah dan cukup panjang. Para mahasiswa harus mengulang latihan dari nol lagi karena adanya pandemi. Dengan adanya kegiatan ini, mereka kembali berkumpul untuk berani memperjuangkan mimpi mereka.

Baca Juga: Wisata Luar Negeri Makin Digemari, tiket.com Terus Perkuat Lini Penerbangan Internasional

Bagi dia, prestasi ini menjadi hal yang luar biasa. “Pencapaian prestasi dengan meraih satu medali perak dan satu medali emas membuktikan bahwa anak-anak kita di tengah keterbatasan masih bisa berprestasi sejajar dengan anak-anak di seluruh dunia,” tuturnya, Selasa (4/7/23).

Dengan prestasi ini, PSM GST Untidar dapat menjadi inspirasi bangkitnya semangat juang para mahasiswa. Utamanya dalam mengukir prestasi yang membanggakan di skala internasional.
Salah satu peserta Fitri Dwi Yanti amat bersyukur dengan pengalaman yang luar biasa tersebut. Apalagi timnya berhasil menjalankan misi dengan baik dan lancar. “Misi ini sebagai batu lompatan kami untuk membangun kembali kepercayaan diri tim GST dalam mengikuti kompetisi-kompetisi bergengsi selanjutnya setelah pandemi,” sebutnya.

Sementara itu, Rektor Untidar Prof Sugiyarto mengapresiasi atas capaian prestasi yang diraih. Bahkan, PSM GST sempat menggalang dana dengan bernyanyi atau ‘ngamen’ di beberapa titik agar akomodasi dapat terpenuhi. “Hal itu juga memacu jiwa entrepreneur sebagai bekal di sana, selain dana dari kampus,” bebernya.

Baca Juga: XL Axiata Kembali Raih Tujuh Penghargaan di Berbagai Ajang Dalam Negeri dan Internasional

Sebelum berangkat, para mahasiswa PSM GST juga sempat dilepas oleh Rektor Untidar. Begitu pula saat pulang nanti, kata dia, mereka akan disambut. Untidar pun selalu mendukung upaya yang dilakukan mahasiswanya untuk tampil di berbagai ajang perlombaan. Baik nasional maupun internasional.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Untidar Prof Parmin menuturkan, dengan semangat juang yang sangat tinggi, tim PSM GST mampu berkiprah di ajang internasional. “Ke depannya, akan kita ikuti kembali dengan support yang lebih besar, agar tim GST kembali dapat meraih prestasi internasional yang sangat membanggakan ini,” paparnya. (aya/bah)

Lainnya

Exit mobile version