Neutron Yogyakarta

Total 908 Peserta Ikuti KSM, Gali Kemampuan Siswa Madrasah di Bidang Sains

Total 908 Peserta Ikuti KSM, Gali Kemampuan Siswa Madrasah di Bidang Sains
LOMBA SAINS : Kepala Kemenag Kebumen Sukarno mengalungkan identitas peserta sebagai tanda dibukanya gelaran KSM tingkat kabupaten.(KEMENAG KEBUMEN UNTUK RADAR KEBUMEN)

RADAR MAGELANG – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Kebumen secara resmi dibuka, Sabtu (8/7). Sedikitnya 908 pelajar dari berbagai jenjang pendidikan ikut ambil bagian dalam ajang tahunan tersebut.

Ketua KSM 2023 Kabupaten Kebumen Khamid mengaku bersyukur KSM tahun ini disambut antusias kalangan madrasah. Terbukti, jumlah peserta tercatat mengalami peningkatan dari kompetisi tahun sebelumnya. “Meningkat 173 peserta jika dibandingkan tahun lalu yang hanya dikuti 735 peserta,” jelas Khamid saat pembukaan KSM di Aula MAN 1 Kebumen.

KSM, kata Khamid, merupakan wadah untuk menggali kemampuan pelajar madrasah di bidang sains. Kompetisi ini digelar secara berjenjang, dari tingkat kabupaten hingga pusat. “Pada tingkat kabupaten ini kita akan memilih lima peserta terbaik setiap mata pelajaran. Kemudian akan dikirim ke tingkat provinsi 5-6 Agustus 2023 mendatang,” terangnya.

Baca Juga: Pameran Dua Dekade KSM Fotkom 401 UPNVY

Khamid menjelaskan, dalam KSM itu dibuka berbagai kategori perlombaan. Mulai tingkat MI atau SD, MTs atau SMP dan MA atau SMA. Teknis pelaksanaan kompetisi dilakukan secara online, di tiga titik lokasi berbeda tergantung jenjang pendidikan.

Masing-masing untuk jenjang pendidikan menengah atas berlangsung di MAN 1 Kebumen. Sedangkan jenjang pendidikan menengah pertama di MTs Negeri 1 Kebumen. Dan, untuk jenjang pendidikan dasar digelar di MIN 4 Kebumen.
Adapun mata pelajaran yang dilombakan meliputi matematika, biologi, fisika, kimia, ekonomi dan geografi, IPA dan IPS. “Jenjang MA ada enam mapel. MTs ada tiga mapel. Khusus MI cuma matematika dan IPS,” ungkap Khamid.

Baca Juga: DAMAR DIKA: Wakili DIJ Maju KSM

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kebumen Sukarno berpesan agar peserta maupun penyelenggara tetap menjaga integritas dan bersikap sportif. Dengan begitu KSM menjadi perangkat untuk menjaring pelajar unggulan sesungguhnya. “Tujuannya agar semua berjalan tertib dan menghasilkan yang terbaik. Sukses administrasi dan sukses penyelenggaraan. Selamat berlomba dengan penuh bahagia,” ungkapnya. (fid/pra)

Lainnya