Neutron Yogyakarta

Temukan Jasad Nelayan Tiga Kilometer dari Lokasi Tenggelam

Temukan Jasad Nelayan Tiga Kilometer dari Lokasi Tenggelam
EVAKUASI : Petugas operasi SAR gabungan mengevakuasi jenazah Sodiran, 34, yang dilaporkan hilang ketika melaut.BPBD KEBUMEN UNTUK RADAR KEBUMEN 

RADAR MAGELANG – Proses pencarian nelayan yang hilang di lepas Pantai Pasir akhirnya membuahkan hasil. Tim SAR gabungan berhasil menemukan Sodiran, 34, yang sempat dilaporkan hilang ketika mencari ikan pada Senin (10/7/23) lalu.

Korban ditemukan Kamis (13/7/23) dalam kondisi meninggal di tengah laut sekitar pukul 06.30. Titik penemuan korban berjarak kurang lebih tiga kilometer dari lokasi awal tenggelam. “Korban dievakuasi. Dari ciri-ciri yang ada, dipastikan adalah korban yang dalam pencarian. Sekarang sudah diserahkan pihak keluarga,” kata Bako Humas BPBD Kebumen Heri Purwoto, Kamis.

Heri menjelaskan, jenazah korban pertama kali ditemukan oleh nelayan dalam posisi mengambang di tengah laut. Kemudian, nelayan itu langsung melaporkan hal tersebut ke posko pencarian. “Tim segera menuju ke titik lokasi, terlihatnya jenazah dan langsung mengevakuasi ke pinggir pantai,” jelasnya.

Atas penemuan ini, kata Heri, operasi pencarian otomatis selesai. Sedangkan para petugas gabungan kini sudah kembali ke satuan masing-masing.Sebelumnya, korban Sodiran dilaporkan hilang dalam insiden perahu terbalik di perairan selatan Kebumen. Dia diketahui merupakan warga Desa Srati RT 03/03, Kecamatan Ayah, Kebumen.

Peristiwa perahu terbalik terjadi ketika korban bersama temannya Parwono, 42, berangkat melaut dari TPI Pasir, Kecamatan Ayah.
Keduanya berangkat menggunakan perahu tangkap Man Over Board (MOB). Namun nahas, ditengah perjalanan perahu itu terbalik akibat dihantam ombak tinggi. Beruntung, Parwono berhasil tertolong dalam insiden itu, usai diselamatkan nelayan lain yang sedang melintas. (fid/pra)

Lainnya