Neutron Yogyakarta

Target 20 Emas, Masuk 10 Besar Porprov Jateng

Target 20 Emas, Masuk 10 Besar Porprov Jateng
SIMBOLIS: Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz melepas secara resmi para atlet untuk maju dalam Porprov Jateng di Pendopo Pengabdian, kompleks Rumjab Wali Kota Magelang, Selasa (25/7/23).Dok Prokompim Kota Magelang

RADAR MAGELANG – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Magelang menargetkan kontingennya masuk peringkat 10 besar pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XVI/2023. Dengan perolehan sebanyak 20 medali emas. Sehingga bisa memperbaiki prestasi sebelumnya yang menduduki peringkat ke-16.

Ketua Umum KONI Kota Magelang Ali Sungkar mengutarakan, seluruh jajarannya telah bergerak dan menyusun langkah-langkah strategis untuk menyiapkan kontingen atlet dalam menghadapi Porprov Jateng ke-XVI. Dia telah berkoordinasi dengan seluruh jajaran pengurus cabang hingga official. Termasuk kesiapan perlengkapan yang dibutuhkan.

Pada Pra-Porprov 2022, KONI Kota Magelang telah meloloskan 136 atlet dari 27 cabang olah raga (cabor). Sejak saat itu, pihaknya fokus pada kontingen. Mulai dari konsolidasi maraton setiap hari sejak Januari. “Lalu, pemusatan latihan selama Maret-Juli dan bentuk tim monitoring serta tim sukses,” jelasnya di sela pelepasan atlet, Selasa (25/7/23).

Baca Juga: KONI DIJ Lepas Kontingen DIJ

Dia menyebut, tim sukses tidak hanya dari internal cabor maupun KONI saja. Tapi juga menggandeng mahasiswa yang dibagi ke tiap cabor untuk mendampingi para atlet sekaligus memberi dukungan. Puncaknya pada 8 Juli lalu, KONI mengadakan character building.

Terkait target medali, dia berkaca pada hasil Porprov 2018 lalu yang mendapat 18 medali emas. Harapannya, perolehan medali tersebut dapat bertahan. Namun, dia juga ingin mendapat minimal 20 medali emas. Sehingga bisa meraih target, yakni peringkat 10 besar.

Dia pun telah memetakan cabor mana saja yang mendapat peluang medali emas paling besar. Seperti sepatu roda dengan enam emas, renang dua emas, wushu 1-2 emas, tinju dua emas, kempo 2-3 emas, dan cabor lainnya. “Paling tidak dengan 20 emas kita di posisi 8-9,” harapnya.

Baca Juga: KONI DIJ Lepas Kontingen DIJ Tahap Ketiga, Sebanyak 97 Atlet Akan Berlaga ke BK PON 2023

Pada ajang Porprov Jawa Tengah XVI, Kota Magelang mengirim kontingen sebanyak 193 orang. Terdiri dari 136 atlet, 27 manager, dan 30 official. Mereka siap berlaga di kejuaraan yang digelar di Pati Raya pada 4-11 Agustus 2023 mendatang.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengaku bangga dengan kontingen Kota Magelang yang masuk 10 besar kontingen terbaik se-Jawa Tengah. Dia pun berpesan kepada para atlet untuk bertanding secara kesatria dan menjaga persatuan selama berlaga. “Kalau menang jangan jumawa. Sifat kesatria itu penting. Sekarang banyak yang sudah lupa,” ujarnya.

Dia juga berpesan, sebelum bertanding sebaiknya meminta doa orang tua terlebih dahulu. Begitu juga menjaga semangat patriotisme agar tetap menyala. Sehingga saat bertanding lebih semangat dan bisa juara. “Saya akan siapkan hadiah, tapi ingin saya hadiah yang berkelanjutan. Kita optimis meraih apa yang ditargetkan,” imbuhnya. (aya/bah)

Lainnya

Exit mobile version