Neutron Yogyakarta

Purworejo Bangun Mini Zoo di Tepi Jalan Nasional

Purworejo Bangun Mini Zoo di Tepi Jalan Nasional
PROGRES: suasana proyek pembangunan mini zoo pada Jumat (4/8/23). JIHAN ARON VAHERA/RADAR PURWOREJO

RADAR MAGELANG – Kabupaten Purworejo rencananya akan segera miliki mini zoo. Saat ini masih proses pembangunan mini zoo dan pembangunan ditarget selesai Desember 2023 mendatang.

Pantauan Radar Purworejo Jumat (4/8/23) di lokasi pembangjnan mini zoo sudah mulai berjalan. Sejumlah pekerja terlihat tengah membuat talud. Mini zoo tersebut dibangun di tanah dengan luas satu hektare. Yakni, di Desa Keseneng, Kecamatan/Kabupaten Purworejo tepatnya di utara Arta Tirta di tepi jalan nasional.

“Mini zoo saat ini masih pembangunan tahap awal dan baru dimulai Juli lalu,” kata Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purworejo Stephanus Aan Isa Nugraha Jumat (4/8/23).

Baca Juga: Hewan di Mini Zoo Ternyata Ilegal

Aan menyebut, nantinya akan mengusung konsep friendly. Sehingga, hewan-hewan yang akan mengisi kebun binatang tersebut adalah hewan-hewan yang ramah pengunjung dan bukan binatang buas. Misalnya, kuda poni, kelinci, dan sebagainya.
“Desember 2023 target selesai pembangunan fisik dan di 2024 mulai pengisian hewannya,” ungkap dia.

Dana yang dianggarkan sekitar Rp 9 miliar untuk pembangunan fisik seperti kandang, landscape, dan sarana prasarana. Sementara, untuk pengisian hewan masih tahun depan. “Kamis mengusulkan dana sekitar Rp 2,6 miliar sampai Rp 3 miliar tapi masih kami bahas dengan DPRD,” lanjut Aan.

Mini zoo akan menambah destinasi pilihan bagi masyarakat Kabupaten Purworejo dan juga luar Purworejo. Mengingat, Purworeho adalah hub atau penghubung wilayah lain karena adanya proyek strategis nasional seperti Bandara YIA, BOB, dan sebagainya. “Kita perlu persiapan agar orang-orang yang lewat Purworejo itu berhenti lebih lama yaitu lewat destinasi,” tandas dia. (han/pra) 

Lainnya

Exit mobile version