Neutron Yogyakarta

Penjual Bendera Musiman Mulai Bermunculan

Penjual Bendera Musiman Mulai Bermunculan
CARI CUAN: Penjual bendera merah putih hingga umbul-umbul khas Kemerdekaan RI mulai banyak di wilayah perkotaan Purworejo, Minggu (6/8/23).JIHAN ARON VAHERA/RADAR PURWOREJO

RADAR MAGELANG – Memasuki bulan kemerdekaan, penjual bendera merah putih dan umbul-umbul khas kemerdekaan mulai banyak dijumpai di wilayah perkotaan Purworejo.

Pantauan Radar Purworejo pada Minggu (6/8) di Jalan W.R. Supratman, Jalan Meyjend Sutoyo, dan sejumlah ruas jalan lainnya tampak penjual bendera hingga umbul-umbul. Mereka tampak membentangkan sejumlah dagangannya untuk menarik pelanggan.

Salah satu penjual di Jalan W.R. Supratman Sukiman, 39, menyebut dia sudah berjualan sejak lima tahun silam setiap Agustus. Menurutnya, berjualan tersebut cukup menguntungkan meski musiman sehingga dia bertahan. “Jelang Agustus biasa saya jualan di sini. Biasanya perhari bisa dapat Rp 500 ribu kalau ramai, kalau sepi kadang ya tidak dapat,” ujarnya saat ditemui Radar Purworejo Minggu (6/8).

Baca Juga: Ini Sejarah Bendera Merah-Putih, Dulu Bendera Perang Majapahit

Diungkapkan, dia berjualan bendera merah putih segala ukuran, umbul-umbul, background, hingga bandir. “Kalau umbul-umbul Rp 20 ribuan, bendera Rp 15 ribu sampai Rp 40 ribu tergantung ukuran,” imbuhnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh pedagang lain yakni, Adim Sutrisna, 60. Dia biasa berjualan di Jalan Meyjend Sutoyo sudah sejak 2005.

Adapun yang dia jual berbagai macam umbul-umbul, bendera segala ukuran, background, bandir, layung merah putih, dan sebagainya. “Jualannya setiap jelang Agustus. Saya sejak 29 Juli sudah jualan,” sebutnya.

Baca Juga: GAIA Cosmo Hotel Gelar Upacara Bendera

Disebutkan, untuk harga bendera mulai Rp 15 ribu sampai Rp 35 ribuan, background 8 meter Rp 150 ribu, dan sebagainya. “Tahun ini ndak bisa, tahun ini lebih sepi daripada tahun lalu. Sehari paling laku lima biji,” ungka Adim. (han/pra)

Lainnya