Neutron Yogyakarta

Kibaran Bendera Tarik Wisatawan Datang

Kibaran Bendera Tarik Wisatawan Datang
MERDEKA: Bendera merah putih berkibar tertiup angin di jalan penghubung antar desa di Jalan Tumenggungan-Curug sepanjang 1,4 kilometer Jumat (11/8/23).ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Lebih dari 1.000 bendera merah putih berkibar di Kecamatan Ngombol. Tepatnya di sepanjang jalan jalan penghubung antardesa di Jalan Tumenggungan-Curug sepanjang 1,4 kilometer. Berada di persawahan yang eksotis, diharapkan juga mampu menarik wisatawan.

Kibaran bendera karena tiupan angin terlihat sangat elok. Ditambah lagi, kanan kiri jalan tersebut sebagian besar adalah persawahan, kian menambah syahdunya semangat kemerdekaan di wilayah tersebut.

Kegiatan pertama kalinya di Ngombol tersebut merupakan tindak lanjut dari program pemerintah. Yakni, gerakan 10 Juta bendera merah putih di seluruh Indonesia pada bulan Kemerdekaan RI 2023 ini.

Baca Juga: Bendera Merah Putih Berkibar di Atas Kabin Truk, Ikut Rayakan Kemerdekaan RI, Akan Dipasang selama Agustus

Pemasangan bendera itu dilakukan secara seremonial pada Kamis (10/8/23) dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat mulai dari pemdes, ormas, pelajar, komunitas guru, hingga pondok pesantren. Bendera-bendera itu akan tetus berkibar hingga 31 Agustus nanti.

Camat Ngombol Bangun Erlangga Ibrahim menyebut, gerakan tersebut dinamai gerakan pengibaran 1.000, diinisiasi oleh Forkopimcam Ngombol. Tapi yang terpasang ada lebih dari seribu. “Kami tidak menganggarkan untuk beli bendera, setiap elemen masyarakat yang datang membawa bendera sendiri-sendiri termasuk 57 kades yang ada di Kecamatan Ngombol,” ujarnya Jumat (11/8/23).

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat menggelorakan semangat nasionalisme dan kebersamaa masyarakat. Selain itu, dapat menginspirasi masyarakat lain. “Desa Tumenggungan kami pilih karena lokasinya strategis dan merupakan desa perbatasan dengan Kecamatan Banyuurip,” imbuh dia.

Baca Juga: Menjamur Penjual Bendera Merah Putih Jelang HUT Ke-78 RI, Dosen DKV: Simbol Eksistensi Negara

Menariknya, lokasi tersebut menjadi spot foto dadakan bagi masyarakat terutama saat sore hari. Tak dapat dipungkiri, karena pemandangannya yang indah dengan momentum yang pas yakni Agustus yang identik dengan bendera merah putih.

Kades Tumenggungan Sudaryadi berharap, kegiatan di desanya menjadi ikon untuk Kecamatan Ngombol. “Sejak kemarin, banyak yang datang untuk foto-foto. Semoga dengan bisa menarik warga lain datang berkunjung,” harapnya. (han/pra)

Lainnya