Neutron Yogyakarta

Setelah Ada Cetakan Lane, Baru Gaspol saat Jump

Setelah Ada Cetakan Lane, Baru Gaspol saat Jump

RADAR MAGELANG – Ajang balap motocross bergengsi Trial Game Dirt 2023 seri keempat di Lapangan Sedan, Bagongan, Magelang berhasil memuaskan dahaga para penggemar balap di Magelang dan sekitarnya. Perhelatan selama dua hari ini, membuat Lantian Juan berhasil menyabet juara umum Trial Game Dirt 2023 pada seri keempat ini.

Pertarungan panas tersaji dari para crosser terbaik di empat kelas yang diperlombakan. Yakni Free For All (FFA) Open, Campuran Open, Campuran Non Seeded, dan FFA Master. Sementara Lantian Juan sukses menjadi yang tercepat di dua kelas utama. FFA Open dan Campuran Open.

Di kelas FFA Open, Lantian Juan jadi yang tercepat dengan capaian total waktu 05:09.080. Membuntuti di belakangnya pebalap asal Boyolali Asep Lukman dengan total waktu 05:09.810. Sementara di posisi ketiga, crosser asal Solo Ivan Harry Nugroho meraih total waktu 05:13.719.

Baca Juga: Tiga Crosser Berpeluang Rebut Juara Kelas Free for All Trial Game Dirt 2023

Di kelas Campuran Open Lantian Juan juga tak terkejar dengan raihan total waktu paling sedikit yaitu 05:17.811. Asep Lukman kembali harus puas berada posisi kedua dengan catatan total waktu 05:22.420. Di posisi ketiga ada Savona Oky dengan raihan total waktu 05:23.700.

Usai melakukan victory lap, Lantian merasa gembira bisa merebut juara umum pada ajang tersebut. Di awal pertandingan, dia mengaku cukup kesulitan beradaptasi dengan karakter lintasan. “Di heat 1 dan heat 2 sempat kurang maksimal,” paparnya usai pertandingan.

Namun, pada heat 3 dan heat 4, dia bisa menemukan ritme. Sebab, di awal pertandingan belum terbentuk pola lane-nya. Hal itulah yang membuat adaptasinya kurang. Barulah di heat 3 sudah ada cetakan lane, sehingga dia bisa menyesuaikan alur dan gaspol saat jump.

Hasil memuaskan di Magelang ini membuat Lantian makin optimistis bermain di dua seri tersisa. Dia berharap, bisa terus tampil maksimal demi mengamankan gelar juara umum Trial Game Dirt 2023. “Insyaallah yakin. Semoga tidak nervous, santai, ikut alur, dan fokus saja,” ujar pebalap asal Kediri ini.

Baca Juga: Tampil Konsisten, Crosser Binaan Astra Honda Kembali Raih Poin Pada MXGP Lombok

Sementara itu, pada kelas Campuran Non Seeded, Edi Arianto mampu menjadi yang terbaik berkat torehan total waktu tercepat 03:27.468. Crosser asal Temanggung ini berhasil mengungguli Rivaldi Julian di posisi kedua dengan total waktu 03:30.890. Posisi ketiga ditempati Javier Bhagawanta dengan total waktu 03:42.594.

Terakhir di kelas FFA Master, Wahyu Gareng Wijayanto unggul atas lawan-lawannya berkat total waktu tercepat 03:39.792. Sedangkan di belakangnya ada Andy Suryanto dengan total waktu 03:41.624. Selanjutnya, Djohan Irawan mengisi posisi tiga dengan total waktu 03:43.642.

Penyelenggara Trial Game Dirt Agnes Wuisan mengaku puas dengan seri keempat di Magelang ini. Sambutan meriah penonton dan penggemar balap di Magelang, membuat jalannya race tak pernah sepi selama dua hari perlombaan.

Baca Juga: Delvintor Raih Poin Perdana Musim Ini, Bersaing Kompetitif dengan Crosser Dunia di MXGP Sumbawa

Dia optimistis, kemasan sportainment yang diusung Trial Game Dirt membuat ajang ini semakin digemari masyarakat luas. “Harapan kami, seri keempat ini bisa meningkatkan semangat rider-rider lokal di Magelang dan sekitarnya untuk terus berpartisipasi dan menorehkan prestasi,” katanya.

Untuk diketahui, rangkaian Trial Game Dirt 2023 yang diselenggarakan oleh 76Rider ini berlangsung sebanyak enam seri. Usai Magelang, seri berikutnya akan berlangsung di Mojokerto pada 22-23 September dan seri pamungkas di Nganjuk pada 13-14 Oktober. Para crosser akan mengumpulkan poin dari seri pertama hingga keenam untuk mendapatkan gelar juara umum Trial Game Dirt 2023. (aya/pra)

Lainnya

RADAR MAGELANG – Proyek pembangunan gedung Puskesmas Alian telah rampung dikerjakan. Infrastruktur layanan kesehatan ini dibangun atas manfaat dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) senilai Rp 6,3 miliar. Kepala UPTD Puskesmas Alian Brantas Prayoga memastikan, seluruh layanan kesehatan akan lebih optimal pasca menempati gedung baru. Sebab lewat perbaikan ini standar layanan kesehatan di Puskesmas Alian setingkat lebih maju dari sebelumnya. Terpenting sudah tersedia layanan rawat inap dan rawat jalan. “Layanan kami UGD 24 jam. Di poli kami punya ruang pemeriksaan umum dan MTBS,” jelasnya, Selasa (26/12). Puskesmas yang berlokasi di Jalan Pemandian Krakal tersebut secara resmi membuka pelayanan perdana pada awal Desember lalu. Dari DBHCHT, Puskesmas Alian kini memiliki gedung dua lantai. Dengan fisik bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 1.400 meter persegi. Berbagai pelayanan penunjang tambahan saat ini juga telah tersedia. Antara lain poli, pemeriksaan USG dan persalinan. Selain itu, pembangunan Puskesmas Alian juga didesain memiliki ruang tunggu lebih luas agar masyarakat nyaman. Brantas menyatakan, pihaknya akan berkomitmen untuk selalu menjaga mutu kualitas serta profesionalitas terhadap layanan kesehatan masyarakat. “Ada beberapa ruangan dan sudah sekarang beroperasi untuk pelayanan masyarakat,” ucapnya. Sementara itu, Kepala Bea Cukai Cilacap M Irwan menyebut, realisasi penerimaan negara dari objek cukai rokok di Kebumen terbilang cukup tinggi. Tepatnya mencapai Rp 300 miliar. Penerimaan ini tak luput karena banyaknya produsen rokok rumahan di Kebumen. “Penerimaan cukai justru dari Kebumen. Karena pabrik rokok cukup besar ada di Kebumen, sama klembak menyan itu heritage,” kata Irwan. M Irwan menjelaskan, sejauh ini berbagai upaya terus digencarkan agar penerimaan dari objek cukai rokok dan tembakau terus meningkat. Salah satunya melalui tindakan represif dengan melakukan operasi penertiban rokok ilegal. Kemudian, upaya preventif melalui pengawasan terhadap distribusi rokok ilegal. “Ada skema bagi hasil, buat sosialisasi dan patroli tim terpadu,” jelasnya. (fid/ila)