Neutron Yogyakarta

Target Peringkat 15 pada Porprov pun Meleset

Target Peringkat 15 pada Porprov pun Meleset
SUDAH BERJUANG: Para atlet di setiap cabang olahraga (cabor) telah mengerahkan kemampuannya pada perhelatan Porprov Jateng ke XVI/2023. Alhasil, kontingan Kabupaten Magelang menduduki peringkat ke-18.KONI Kabupaten Magelang

RADAR MAGELANG – Kabupaten Magelang berada di peringkat 18 pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah ke XVI/2023 pada 5-11 Agustus 2023 di Pati Raya. Dengan total perolehan 13 medali emas, 20 medali perak, dan 25 perunggu.

Sementara peringkat pertama diraih oleh kontingen dari Kota Semarang dengan membawa pulang 186 emas, 138 perak, dan 137 perunggu. Posisi kedua, Kabupaten Grobogan dengan perolehan 100 emas, 80 perak, dan 77 perunggu. Sedangkan posisi ketiga diduduki Kota Surakarta dengan 78 emas, 72 perak, dan 98 perunggu.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Magelang Kardjanto Wignjowidodo mengaku bersyukur dengan prestasi yang diraih. “Sebagai ketua KONI dan juga secara pribadi saya mohon maaf kepada masyarakat Kabupaten Magelang karena kami belum dapat memenuhi target yang diharapkan,” katanya, Sabtu (12/8/23).

Baca Juga: KONI DIJ Beri Apresiasi Dua Atlet

Dia mengatakan, sebanyak 13 medali emas disumbangkan dari cabang olahraga (cabor) tinju, atletik, menembak, arung jeram, gathball, muaythai, dan kick boxing. Menurut dia, enam cabor memang sudah diprediksi akan mendapat emas. Sementara raihan emas dari cabor menembak, dianggap sebagai hal yang mengejutkan karena di luar perkiraan. Sebab persiangannya cukup kompetitif dan sejumlah daerah mengeluarkan atlet yang kuat.

Terlebih, Kabupaten Magelang hanya mengirimkan satu atlet menembak bernama Risdiyanto di kelas Benchrest Wrabf. “Ternyata memperoleh emas. Ini sangat luar biasa dan surprise pada Porprov 2023,” kata Wakil Ketua KONI Kabupaten Magelang Suwarsa.

Dengan 13 medali emas yang diperoleh, Kabupaten Magelang menempati klasemen atau peringakat 18 dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Posisi itu, kata dia, masih sama dengan klasemen pada Porprov Jateng 2018. Meski perolehan emasnya bertambah satu. Dari 12 menjadi 13 medali emas.

Baca Juga: KONI DIJ Targetkan Peningkatan Prestasi

Sebetulnya, lanjut dia, KONI Kabupaten Magelang menargetkan peringkat 15. Dengan target medali emas sebanyak 15 hingga 18 buah. Namun, KONI tetap mengapresiasi seluruh atlet yang telah mengerahkan kemampuannya selama pertandingan berlangsung.

Dia menambahkan, para atlet terbaik di Jawa Tengah nantinya akan diseleksi oleh pengurus provinsi dari masing-masing cabor. Untuk menjadi wakil pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXII di Aceh pada 2024 mendatang. “Harapannya, atlet terbaik Kabupaten Magelang terpilih mewakili Jawa Tengah,” harapnya. (aya/pra)

Lainnya

Exit mobile version