Neutron Yogyakarta

Anggarkan Rp 700 Juta untuk Markah Jalur Sepeda

Anggarkan Rp 700 Juta untuk Markah Jalur Sepeda
DITAMBAH: Pesepeda tengah melintas di kawasan Alun-alun Magelang. Tahun ini, ada penambahan empat markah jalur sepeda.Naila Nihayah/Radar Jogja

RADAR MAGELANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang telah menganggarkan Rp 700 juta untuk menambah markah jalur sepeda, rambu, dan markah parkir di wilayahnya. Anggaran tersebut berasal dari bantuan keuangan (bankeu) Provinsi Jawa Tengah. Penambahan itu sudah berlangsung sejak 17 Juli dan beberapa titik sudah bisa dimanfaatkan.

Kepala Dishub Kota Magelang Candra Wijatmiko Adi menyebut, markah jalur sepeda yang dibuat adalah 4.756 meter dari empat ruas jalan. Markah terpanjang adalah Jalan Gatot Subroto yakni 2.136 meter. Kemudian, Jalan Jendral Sudirman sepanjang 1.297 meter, Jalan Letjend Suprapto 893 meter, dan Jalan Ikhlas 430 meter.

Dia menuturkan, penambahan markah jalur sepeda ini memang belum menyeluruh di Kota Magelang. “Belum (menyeluruh, Red). Karena panjang jalan di Kota Magelang yang harus dilengkapi markah sepeda sekitar 41,7 kilometer dan sudah ada 7.381 meter. Ditambah yang baru ini 4.756 meter,” rincinya saat ditemui Rabu (16/8/23).

Baca Juga: Parkir di Jalur Sepeda, Siap-siap Ditilang

Candra mengatakan, penambahan markah dan rambu ini untuk mendukung transportasi yang berkelanjutan. Utamanya dengan mengembangkan fasilitas bagi angkutan yang ramah lingkungan, yaitu sepeda. Di Kota Magelang, sudah ada beberapa markah jalur sepeda. Seperti di ruas Jalan Pahlawan, Jalan Tentara Pelajar, dan lainnya.

Sebetulnya, dishub telah mendapat bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menambah markah jalur sepeda. Hal itu mendapat respons positif dari masyarakat untuk dikembangkan. Dishub juga telah mengkajinya dan memang layak ada penambahan markah jalur sepeda.

Candra melanjutkan, rencana penambahan markah itu juga didukung oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. “Alhamdulillah kami satu misi bahwa memang Kota Magelang perlu diberikan layanan jalur sepeda tersebut. Sehingga di tahun ini, kami tambah beberapa titik,” bebernya.

Baca Juga: Jalur Sepeda Kota Jogja akan Diperbaiki

Selain itu, dia mengimbau kepada para pengguna jalan yang memiliki sepeda untuk digunakan dengan semestinya. “Bagi pengguna kendaraan bermotor, mohon bisa menghormati dan memberikan prioritas kepada pesepeda yang berada di jalur sepeda tersebut,” imbaunya. (aya/eno)

Lainnya

Exit mobile version