Neutron Yogyakarta

Karvanal Budaya Tingkat Provinsi Dipusatkan di Magelang

Karvanal Budaya Tingkat Provinsi Dipusatkan di Magelang
ATRAKTIF: Para peserta karnaval budaya Kecamatan Muntilan tampak bersemangat meskipun cuaca sedang terik, Senin (21/8/23).NAILA NIHAYAH/RADAR JOGJA

RADAR MAGELANG – Pada Sabtu (26/8/23) mendatang, Kabupaten Magelang bakal menjadi tuan rumah pada gelaran karnaval budaya tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hari itu juga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang juga mengadakan karnaval budaya. Hanya saja, waktunya berbeda.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Magelang Bambang Hermanto mengatakan, rencananya karnaval budaya tingkat kabupaten yang dikemas dalam Semarak Gemilang 2023 dimulai pukul 09.00 hingga siang hari. “Malam harinya setelah Isya, Kabupaten Magelang kerawuhan karnaval tingkat Provinsi Jateng,” ujarnya, Rabu (23/8/23).

Dengan begitu, ada jeda waktu untuk mempersiapkan karnaval tingkat provinsi. Adapun rute karnaval dimulai dari masjid kubah mas, menyusuri Jalan Soekarno-Hatta, Sawitan. Kemudian, panggung kehormatan kedua karnaval itu berada di depan kompleks Kantor Setda Kabupaten Magelang. Jarak tempuhnya lebih dari 2 kilometer.

Baca Juga: Kades di Kabupaten Magelang Sebar Foto dan Video Asusila Mantan Istri Siri

Bambang menyebut, karnaval budaya tingkat provinsi bakal diikuti oleh 23 kontingen dari kabupaten/kota di Jawa Tengah. Termasuk Kabupaten Magelang. Nantinya, setiap kontingen dipersilakan tampil selama kurang lebih tiga menit di depan panggung kehormatan. Karena ada penilaian oleh tim juri.

Karnaval ini, kata dia, bertujuan untuk mengembangkan potensi masing-masing daerah di Jawa Tengah. Termasuk menampilkan kesenian khas daerah. Sementara untuk karnaval budaya tingkat Kabupaten Magelang, diikuti oleh perwakilan 21 kecamatan. Ditambah dengan peserta dari sekolah terpilih. Sehingga totalnya ada 25 kontingen.

Bambang menambahkan, seluruh persiapan sudah dilakukan dengan maksimal. Harapannya, dengan gelaran karnaval ini, dapat membuat masyarakat bahagia. “Karena sudah tiga tahun tidak ada perayaan semeriah ini. Mudah-mudahan masyarakat juga tumplak di seputaran Sawitan, Mungkid,” paparnya.

Baca Juga: Kejari Magelang Musnahkan Sabu, Miras, Hingga Senjata Tajam

Terlebih, Pemkab Magelang juga menggelar pesta rakyat, mulai 24-27 Agustus 2023 yang dipusatkan di Lapangan drh Soepardi, Mungkid. Mulai dari festival kesenian hingga berbagai macam stan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). “Nanti arus lalu lintasnya juga dialihkan,” imbuhnya.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, gelaran Semarak Gemilang 2023 ini diadakan untuk merayakan HUT ke-78 RI. Sekaligus agar membuat Mungkid semakin ramai. Dengan begitu, dapat meningkatkan roda perekonomian di masyarakat.

Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono menyebut, bakal ada pengalihan arus lalu lintas di wilayah Sawitan selama proses karnaval berlangsung. Mengingat nantinya sepanjang Jalan Soekarno-Hatta bakal dipadati peserta karnaval. “Nanti kami alihkan dengan menerjunkan beberapa personel,” sebutnya. (aya/din)

Lainnya