Neutron Yogyakarta

Sebulan, Empat Hiu Tutul Terdampar di Pantai Wilayah Purworejo

Sebulan, Empat Hiu Tutul Terdampar di Pantai Wilayah Purworejo
OBJEK FOTO: Keempat kalinya, pada Jumat (15/9) pagi ditemukan Hiu Tutul terdampar di Pantai Ketawang, Kecamatan Grabag, Purworejo. ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Hiu dengan jenis yang sama, kembali terdampar di pantai wilayah Kabupaten Purworejo. Total, sudah empat kali fenomena Hiu Tutul terdampar dengan waktu yang berdekatan di Kabupaten Purworejo.

Kali ini pada Jumat (15/9/23) pagi, ditemukan Hiu Tutul terdampar di Pantai Ketawang, Kecamatan Grabag, Purworejo. Sebelumnya, fenomena serupa terjadi di Pantai Munggangsari Kecamatan Grabag pada Rabu (16/8/23), di pantai wilayah Desa Pagak, Kecamatan Ngombol pada Kamis (7/9/23), dan Pantai Jatimalang Kecamatan Purwodadi pada Selasa (12/9/23).

Keempat hiu tersebut memiliki kronologi terdampar yang hampir sama.  Kecuali, hiu yang terdampar di Pantai Dewaruci Jatimalang, Kecamatan Purwodadi yang terdampar karena sebelumnya terjerat atau terjebak pada jaring ikan milik nelayan. Sempat hidup, namun akhirnya mati.

Baca Juga: Muncul Lagi! Hiu Tutul Ditemukan Mati Terdampar di Pantai Ketawang Purworejo

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Haryono menyampaikan, ikan hiu yang terdampar di Pantai Ketawang ini merupakan speses Hiu Tutul. “Panjangnya sekitar 6-7 meter, beratnya kurang lebih tiga ton. Ditemukan oleh warga sekitar pukul 05.00,” katanya Jumat (15/9/23).

Menurut informasi, pertama kali ikan dengan nama latin Rhincodon Typus itu terlihat dan ditemukan oleh pekerja dan pemilik tambak di sekitar pantai yaitu Rameyanto dan Kiswanto. “Saat ditemukan, hiu sudah berada di pinggir pantai dan dalam kondisi sudah mati,” imbuh dia.

Saksi lalu melaporkan kejadian tersebut kepada koramil dan diteruskan ke TNI AL, Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan (DLHP) Purworejo, serta BPBD Purworejo. Saat ini, ikan sudah dievakuasi dengan dikubur di tepi pantai menggunakan bantuan alat berat.

Baca Juga: Kemendagri Tunjuk Wakil Bupati Yuli Hastuti Jadi Plt Bupati Purworejo

Penyebab pasti seringnya hiu terdampar di wilayah pabtai selatan Purworejo belum diketahui secara pasti. Sebelumnya, Kabid Perikanan, DLHP Purworejo Suyud Jatmiko mengatakan, perlu adanya kajian lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pastinya.

Namun, secara umum Suyud menyampaikan ada beberapa hal yang menyebabkan hiu dapat terdampar. Seperti, ada perubahan suhu atau salinitas atau tingkat keasinan air laut secara frontal atau fluktuatif tinggi, adanya perubahan pada zona feeding ground, gangguan saat migrasi.

Menurut dia, hal lain juga bisa berkaitan dengan sistem dalam tubuh hiu. “Misalnya, ada permasalahan pada sistem pencernaan, pernafasan, dan sebagainya sehingga menyebabkan hiu terdampar,” tandasnya. (han/pra)

Lainnya

Exit mobile version