Neutron Yogyakarta

Bersihkan Trotoar usai Perhelatan MEC dan Jut Bio, Digagas oleh DLH Kota Magelang, Libatkan 200 Relawan

Bersihkan Trotoar usai Perhelatan MEC dan Jut Bio, Digagas oleh DLH Kota Magelang, Libatkan 200 Relawan
GOTONG ROYONG: Para relawan membersihkan trotoar di sepanjang Jalan Pemuda, Selasa (3/10). Kegiatan ini dilakukan pascakegiatan Magelang Ethno Carnival (MEC) dan kirab ruwat bumi (Jut Bio).Dok: Prokompim Kota Magelang

RADAR MAGELANG – Para relawan bergotong royong membersihkan trotoar di sepanjang Jalan Pemuda (Pecinan) Kota Magelang, Selasa(3/10/23). Kegiatan yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) itu bertujuan agar trotoar bersih setelah pagelaran dua kegiatan besar di kawasan tersebut beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Penanganan Persampah DLH Kota Magelang Widodo menjelaskan, pembersihan lantai trotoar dilakukan pascakegiatan Magelang Ethno Carnival (MEC) dan kirab ruwat bumi (Jut Bio) belum lama ini. Sekaligus dikaitkan dengan World Cleanup Day (WCD) 2023.

Dia menyebut, produksi sampah selama gelaran MEC ini mencapai dua truk dan satu mobil pick up. Sedangkan saat Jut Bio, produksi sampahnya mencapai satu truk dan satu pick up. “Kami ingin agar trotoar bersih lagi, lantainya cukup gelap karena diinjak-injak beribu-ribu orang,” jelas Widodo di sela kegiatan.

Baca Juga: Masuki Pancaroba, Suhu Rata-Rata Magelang Capai 33 Derajat Celcius

Fokus pembersihan untuk sementara di sepanjang Pecinan dari TITD Liong Hok Bio menuju Pasar Rejowinangun. Para relawan menyikat lantai dengan sabun, diguyur air sampai bersih, dan kering sehingga tidak licin. Mereka juga dibantu petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Magelang.

Kepala DLH Kota Magelang Machmud Yunus menambahkan, para peserta yang terlibat berjumlah sekitar 200 orang. Mereka berasal dari unsur TNI, Polri, garda relawan, PPKM, Kelurahan Kemirirejo, Kelurahan Panjang, Kelurahan Rejowinangun Selatan, Rejowinangun Utara, Satpol PP, damkar, DLH, serta pengurus pengelola sampah dan bank sampah nusantara (Perbanusa).Mereka bergotong-royong untuk membuat trotoar Kota Magelang semakin bersih. (aya/din)

Lainnya

Exit mobile version