Neutron Yogyakarta

Perkuat Sentra Gakkumdu dengan Teken MoU

Perkuat Sentra Gakkumdu dengan Teken MoU
Bawaslu, Kejaksaan, dan Polres Purworejo lakukan penandatanganan MoU agar sinergitas semakin baik utamanya dalam menangani tindak pidana pemilu, Selasa (24/10).ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Bawaslu, Kejaksaan, dan Polres Purworejo lakukan tanda tangan MoU untuk menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024 pada Selasa (24/10). Dengan harapan, sinergitas ketiga lembaga tersebut semakin baik terutama dalam menangani tindak pidana pemilu.

Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi, Bawaslu Purworejo Rinto Hariyadi menyampaikan, kerjasama mencakup penegakkan hukum, pengamanan, pertukaran informasi dan data, peningkatan kapasitas SDM, hingga pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu.”Sebenarnya kami sudah berkolaborasi dengan adanya sentra gakkumdu (penegakkan hukum terpadu). Tapi, dengan MoU ini untuk lebih menguatkan lagi,” ungkapnya Selasa (24/10).

Nantinya ketiga lembaga baik Bawaslu, Kejaksaan, maupun Polres Purworejo akan bersinergi agar tindak pidana pemilu bisa ditangani secara maksimal. Rinto menambahkan, Bawaslu Purworejo mempunyai kewenangan untuk melakukan pencegahan saat proses pemilu berlangsung. Gakkumdu akan melakukan monitoring ke kecamatan dan menggali informasi terkait kerawanan. “Akan kami olah dan menjadi pegangan kami dalam merencanakan kegiatan agar bisa terukur dan terarah,” ujarnya.

Disebutkan, kerawanan di Kabupaten Purworejo relatif kondusif, meskipun dari sisi dugaan cukup banyak. Apalagi, jika menengok pada Pemilu 2019 ada praktik politik uang, pemanfaatan fasilitas negara, hingga netralitas ASN. “Potensi-potensi tersebut yang kemungkinan akan ada di Pemilu 2024 karena kontestasi kali ini juga cukup panas,” kata Rinto.

Untuk itu, Bawaslu Purworejo mengimbau kepada para kepala desa (kades) hingga ASN untuk bersikal netral. Bahkan, Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah mengimbau kepada Bawaslu Purworejo untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab, ada salah satu calon Presiden yang berasal dari Purworejo. “Kemungkinan itu akan menaikan tensi kontestasi di wilayah Purworejo,” tandas dia.

Terkait pengamanan, menurutnya, Polres Purworejo sangat mendukung secara penuh mulai dari tahapan persiapan hingga selesai. Sebelumnya, Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo juga telah menyampaikan bahwa pihaknya telah siap untuk mengawal dan mengawasi jalannya Pemilu 2024 di Kabupaten Purworejo. (han/pra)

Lainnya

Exit mobile version