Neutron Yogyakarta

Rahasia Ketenangan Emosional: Penelitian Ungkap Cium Aroma Orang yang Dicintai Bantu Redakan Stres Lho

Rahasia Ketenangan Emosional: Penelitian Ungkap Cium Aroma Orang yang Dicintai Bantu Redakan Stres Lho
Ilustrasi cium pakaian orang tersayang (Website/Jurnalistika)

RADAR MAGELANG – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan mengungkapkan bahwa mencium aroma dari seseorang yang dicintai memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi tingkat stres yang dirasakan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selain menjalani gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur, memiliki dukungan sosial yang positif juga memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesejahteraan kita.

Dukungan sosial yang dimaksud di sini bukan hanya sekadar kata-kata atau pesan-pesan semangat, tetapi juga mencakup aspek fisik yang mendalam.

Ini bisa mencakup berpegangan tangan, berpelukan, atau bahkan sekadar memiliki seseorang yang selalu siap mendengarkan kita saat kita menghadapi krisis.

Baca Juga: Hati-Hati Ini Dia Ciri-Ciri Sabun Batangan Kedaluwarsa yang Perlu Kalian Ketahui !

Seiring dengan itu, banyak orang menemukan kenyamanan dalam pengingat fisik saat orang yang mereka cintai tidak berada di dekatnya, seperti foto, rekaman suara, atau bahkan mencium aroma pakaian atau benda-benda pribadi mereka.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology pada 2006 mengungkapkan bahwa hingga 80 persen wanita dan 50 persen pria secara sengaja mencium pakaian bekas pasangan mereka saat mereka berpisah.

Para responden dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa sensasi ini memberikan mereka rasa nyaman dan terhibur.

Baca Juga: 5 Etika Saat Menggunakan Transportasi Umum agar Nyaman Ketika Bepergian, Apa Saja…

Para peneliti menduga bahwa aroma orang yang kita cintai memiliki kemampuan untuk memengaruhi perubahan biokimia dalam tubuh, seperti penurunan kadar hormon stres kortisol, yang pada gilirannya dapat mengurangi tingkat stres yang kita alami.

Penelitian ini juga mencatat bahwa efek mencium aroma orang tersayang pada saat stres serupa dengan reaksi bayi yang menjadi lebih tenang ketika mereka merasakan aroma ASI dari ibu mereka.

Baca Juga: Di Luar Nalar, Ini Kelakuan Random Netizen yang Mengakali Sistem di Gojek

Faktanya, orang-orang dalam hubungan romantis cenderung sangat bergantung pada kehadiran pasangan mereka dalam berbagai aspek kehidupan.

Oleh karena itu, mencium aroma orang yang kita cintai bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mengurangi tingkat stres saat kita terpisah jarak dari pasangan kita.

Jadi, apakah kamu sudah pernah mencobanya? (Erlika Yusfiarista/Radar Jogja)

Baca Juga: Lebih dari 45 Ribu Balita di Jawa Timur Menderita Pneumonia, Tiga di Antaranya Meninggal Dunia

Lainnya