Neutron Yogyakarta

Hiu Tutul Mati Terdampar di Pantai Cemara Sewu

Hiu Tutul Mati Terdampar di Pantai Cemara Sewu
TAK SEHARUSNYA DILAKUKAN : Warga menaiki bangkai hiu paus tutul yang terdampar di Pantai Cemara Sewu pada, Selasa (31/10).ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Seekor hiu tutul terdampar di Pantai Cemara Sewu, Kecamatan Petanahan, Kebumen, Selasa (31/10). Jenis satwa dilindungi ini ditemukan sudah dalam kondisi mati.

Hiu tersebut pertama kali ditemukan warga sekitar pukul 05.00 WIB. Sebelum terdampar di tepi pantai, hewan dengan nama latin Rhincodon Typus ini sempat terbawa gelombang. Sore itu sudah agak minggir.”Terus ditemukan sekitar subuh. Posisinya sudah mati,” kata warga setempat Bera Prawira.

Baca Juga: Hiu Tutul 5 Kuintal Terdampar Mati di Pantai Trisik, Ekor Terpotong Diduga Terjaring Nelayan

Peristiwa ini menjadi bahan tontonan warga. Khususnya pengunjung objek wisata pantai. Bahkan, tak sedikit dari mereka memberanikan diri mendekat untuk berswafoto dengan bangkai ikan tersebut.
Anggota Jejaring Mamalia Terdampar Kebumen Anggit Sukmanto menyampaikan, pihaknya langsung mendatangi lokasi usai mendapat laporan dari masyarakat. Dari hasil pendataan, hiu paus tutul tersebut memiliki panjang berukuran sekitar 6 meter dengan bobot 1,5 ton. “Sudah ditangani sesuai prosedur,” ucapnya.

Proses evakuasi dilakukan dengan ekstra hati-hati. Pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk tahap penguburan di sekitar lokasi. Dia mengimbau kepada warga sekitar pantai agar tidak ceroboh ketika menemukan atau melihat satwa terdampar. ” Khawatir kalau lama terjadi pembusukan dan penjarahan,” terang Anggit. (fid/din)

Lainnya