Neutron Yogyakarta

Tim Garuda UNY Sabet Juara, Kontes Mobil Hemat  Energi 2023 di JIEC

Tim Garuda UNY Sabet Juara, Kontes Mobil Hemat  Energi 2023 di JIEC
SUKSES: Dua mobil Tim Garuda UNY meraih juara pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023 di Sirkuit Formula E Jakarta, 28 Oktober-3 November 2023.UNY UNTUK RADAR JOGJA

RADAR MAGELANG – Tim Garuda UNY berhasil meraih kemenangan pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023 di Sirkuit Formula E Jakarta, 28 Oktober hingga 3 November 2023. Kompetisi ini bertujuan menguji efisiensi bahan bakar kendaraan.

Tim Garuda UNY mengirimkan dua mobil berbasis energi terbarukan, menggunakan etanol dan motor listrik. Tim berhasil mengatasi 18 tikungan menantang di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Sirkuit itu berbentuk mirip kuda lumping dan membentang di atas lahan seluas 35 hektare. Panjang lintasan mencapai 2,4 kilometer dan tidak mudah ditaklukkan.

Baca Juga: Keren, Tim Garuda UNY Sabet Juara Kontes Mobil Hemat Energi 2023

Garuda UNY Eco Team I di kelas Urban Concept MPD Etanol dikomandoi Irvanda Sri Purwanto, mahasiswa S1 Pendidikan Otomotif. Tim berhasil meraih juara 1 dengan capaian 427,7 kilometer per liter.

“Pada kelas ini merupakan capaian rekor baru pada KMHE, di mana semula berkisar 270 km per liter tercapai pada KMHE 2019 di Universitas Negeri Malang. Hal ini berkat keunggulan teknis, strategi dan semangat yang luar biasa,” ujar Irvanda Jumat (3/11).

Sedangkan Garuda UNY Eco Team II di kelas Urban Concept Motor Listrik dipimpin Sultan Muhammad Yusuf, mahasiswa D4 Mesin Otomotif. Tim berhasil menyabet juara 2 dengan capaian 161,5 km/KWh. Kedua mobil juga masuk dalam ECO Race dan berhasil mendapatkan podium 2 ECO Race KMHE 2023 untuk mobil listrik.

Baca Juga: 96 Karya terbaik ditampilkan mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana UNY

Dosen Pendamping Tim Garuda UNY Sutiman mengatakan, tujuan kompetisi bagi tim agar bisa menjadi agen perubahan. Terutama dalam mengatasi krisis energi global dan berpartisipasi dalam pengembangan teknologi otomotif hemat energi.

Kemenangan sekaligus menjadi kontribusi nyata dan berharga, khususnya dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan dan hemat energi di Indonesia. “Kami ingin memberikan kontribusi pada kemajuan bangsa dan negara dengan teknologi ramah lingkungan,” ujarnya. (lan/laz)

Lainnya