Neutron Yogyakarta

Capaian Imunisasi TT2 Ibu Hamil Sudah 83,66 Persen

Capaian Imunisasi TT2 Ibu Hamil Sudah 83,66 Persen
Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu menyerahkan penghargaan kepada Plt. Bupati Purworejo dalam puncak peringatan HKN ke-59 di Jakarta Convention Center, Sabtu (11/11).ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Cakupan imunisasi TT (tetanus toksoid) bagi ibu hamil di Kabupaten Purworejo tinggi. Bahkan, capaian TT2 mencapai 83,66 persen. Jumlah tersebut merupakan tertinggi ketiga nasional. Atas capaian itu, Kabupaten Purworejo mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purworejo Sudarmi menyampaikan, penghargaan tersebut diraih karena Kabupaten Purworejo sukses mencapai imunisasi TT2 ibu hamil lebih dari 80 persen berdasarkan laporan Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK). Yaitu, berdasarkan pada analisis capaian yang dilaporkan melalui ASIK sampai 26 Oktober 2023.

Diungkapkan, raihan tersebut merupakan kerja keras dan komitmen dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo untuk mempertahankan juara ASIK pada Mei 2023 lalu. “Kabupaten Purworejo mendapatkan juara dua nasional,” katanya Minggu (12/11).

Baca Juga: Kemenkes Lakukan Tracing Kontak Erat Kasus Monkeypox, Laporkan dan Ikuti Saran WHO

Untuk itu, Dinkes Purworejo berusaha untuk mempertahankan hal tersebut. Dengan tujuan, agar di Kabupaten Purworejo terbebas dari kasus khususnya tetanus neonatorum atau tetanus bayi baru lahir.

Plt. Bupati Purworejo Yuli Hastuti sangat mengapresiasi atas kinerja yang telah dilakukan oleh Dinkes Purworejo baik dari puskesmas maupun rumah sakit di Kabupaten Purworejo. Mengingat, mereka telah berupaya untuk menyukseskan program imunisasi di Kabupaten Purworejo.

Dia berharap, capaian tersebut dapat dipertahankan sehingga kasus tetanus pada ibu hamil di Kabupaten Purworejo dapat dicegah. “Alhamdulilah. Semoga ke depan lebih baik lagi,” sebut Yuli.

Baca Juga: Kemenkes Ungkap Biang Kerok Kasus Cacar Monyet Bertambah

Sebagai informasi, Purworejo meraih juara ketiga nasional dengan cakupan sebesar 83,66 persen. Sedang, juara pertama diraih Kota Parepare dengan capaian 90,78 persen dan juara kedua Kabupaten Batang dengan 84,08 persen. (han/pra)

Lainnya