Neutron Yogyakarta

Siswa Muhammadiyah Galang Dana hingga Salat Gaib untuk Rakyat Palestina

Siswa Muhammadiyah Galang Dana hingga Salat Gaib untuk Rakyat Palestina
KOMPAK: Para pelajar dan tenaga pendidik SD Mutual 2 Kota Magelang menggelar salat gaib dan penggalangan dana bagi rakyat Palestina, Jumat (17/11).Naila Nihayah/Radar Jogja

RADAR MAGELANG – Sedikitnya 400 siswa dan tenaga pendidik SD Muhammadiyah 2 Alternatif (Mutual 2) Kota Magelang melakukan penggalangan dana bagi rakyat Palestina.

Bahkan, dana yang didapat menyentuh angka Rp 15,8 juta. Selain itu, mereka juga melangsungkan salat gaib dan doa bersama di halaman SD Mutual 2 Kota Magelang Jumat (17/11).

Sebelum itu, mereka tampak khidmat mengikuti salat duha. Kemudian, dilanjutkan dengan salat dan doa bersama. Yang ditujukan kepada para korban meninggal dunia akibat konflik antara Israel dan Palestina di Jalur Gaza.

Baca Juga: Ratusan Siswa Muhammadiyah di Magelang Salat Gaib dan Galang Dana, Bakal Disalurkan Untuk Rakyat Palestina

“Salat gaib itu untuk para syuhada yang sudah meninggal di sana (Palestina). Berdoa semoga Palestina segera merdeka dan kami harap, perdamaian itu segera tercipta melalui doa anak-anak,” kata Kepala SD Mutual 2 Kota Magelang Mustaqim.

Setelah kegiatan tersebut, para siswa dan tenaga pendidik berpartisipasi untuk penggalangan dana. Adapun total dana yang didapat sebesar Rp 15.887.000. Dana itu, lanjut dia, bakal disalurkan kepada penerima manfaat melalui Lazismu Kota Magelang. Harapannya dapat membantu rakyat Palestina.

Mustaqim menyebut, ada kegiatan pendukung lain seperti pembacaan puisi dan teatrikal. Para siswa tampak membawa bendera Palestina serta aksesori lain. Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungannya demi kemerdekaan rakyat Palestina.

Baca Juga: Puncak Milad Muhammadiyah Dipusatkan di Alun-Alun Magelang, Cerminkan Aspek Pendidikan Hingga Ekonomi

Dengan adanya kegiatan ini, dia memastikan, tidak mengganggu kegiatan belajar. Sebab, saban Jumat, SD Mutual 2 Kota Magelang menggelar kegiatan untuk memperkuat literasi ke-Islaman. “Kami berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa sosial terhadap saudara kita di Palestina khususnya,” harapnya.

Kegiatan serupa juga diselenggarakan oleh SMP Mutual Kota Magelang. Ada aksi galang dana, salat gaib, doa bersama, pembagian semangka, hingga telling story. “Kami menceritakan soal keadaan di Palestina seperti apa. Selain edukasi, juga untuk menggugah simpati dan empati siswa,” ujar Kepala SMP Mutual Kota Magelang Wasiun.

Selain itu, ada salat gaib yang diikuti oleh lebih dari 500 siswa SMP Mutual Kota Magelang serta para tenaga pendidik. Hal itu merupakan bagian dari pengamalan kurikulum merdeka pada sekolah yang berbasis keagamaan. Kemudian, mereka juga membagikan buah semangka sebagai simbol negara Palestina.

Baca Juga: Ngaku untuk Servis HP, Residivis di Magelang Gasak Tujuh Karung Padi

Wasiun menyebut, dana yang terkumpul sebesar Rp 25,5 juta. Uang itu akan diserahkan kepada Lazismu Kota Magelang hingga disalurkan pada penerima manfaat. “Harapannya mereka segera damai sehingga Palestina meraih kemerdekaannya dan tidak hidup dalam ancaman,” urainya. (aya/pra)

Lainnya