Neutron Yogyakarta

Mahasiswa UNY Olah Kunyit Jadi Brownies

Mahasiswa UNY Olah Kunyit Jadi Brownies
INOVATIF: Mahasiswa UNY saat menunjukkan brownies yang diolah dari tanaman kunyit.Dokumentasi UNY

RADAR MAGELANG – Tanaman kunyit yang kerap dijadikan obat tradisional dan bumbu dapur, berhasil disulap menjadi brownies. Oleh sekelompok mahasiswa KKNR 8669 UNY di Somodaran, Banyuraden, Gamping.

Ketua KKNR UNY Finda Triarsa mengatakan, pemilihan bahan kunyit karena memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Di antaranya, kandungan senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin yang berkhasiat untuk obat-obatan alami.

Tanaman kunyit juga bermanfaat antiperadangan, pencegah kanker dan meningkatkan fungsi hati. Serta mengurangi risiko leukimia serta melindungi segala penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Baca Juga: Enak dan Menyehatkan, Mahasiswa UNY Sulap Tanaman Kunyit Jadi Brownies

“Sehingga kami menginovasikanya menjadi makanan yg menarik dan menambah UMKM menu makanan jajanan pasar,” ujar mahasiswa prodi pendidikan matematika itu Jumat (24/11).

Secara teknis, pembuatan brownies kunyit cukup mudah. Berbahan baku tepung terigu, telur, gula pasir, margarin, kunyit hingga baking powder. Kemudian bahan dicampur dan dikukus menggunakan loyang hingga mengembang dan siap disajikan.

Peserta pelatihan Widodo mengaku, senang dengan pelatihan yang menambah wawasannya. Pengetahuan tentang pengolahan makanan dengan bahan baku tanaman obat keluarga yang baik untuk kesehatan mengalami peningkatan. “Rasanya enak dan pas dalam selera,” ujarnya.

Baca Juga: UNY Memulai Pameran Riset, Inovasi, dan Industri (RII) Expo 2023

Tim mahasiswa KKNR 8669 lainnya yang ikut memberikan pelatihan kepada ibu rumah tangga setempat adalah Finda Triarsa, Anas Tri Yanati, dan Qothifah Nabila. Ada pula Margaretha Echa Chrisnawati, Ervita Mutia Sari, Sekar Lestari, Kavita Diah Kusuma Astuti, Ananda Elya Riawan, Reyhan Kurniantoro dan Yuli Sulistiyono. (lan/eno)

Lainnya