Neutron Yogyakarta

KPU Purworejo Tinggal Tunggu Logistik di TPS

KPU Purworejo Tinggal Tunggu Logistik di TPS
Proses penurunan kebutuhan logistik untuk Pemilu Serentak 2024 lalu di gudang penyimpanan logistik KPU Kabupaten Purworejo.ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Kebutuhan logistik untuk Pemilu Serentak 2024 tahap pertama sudah seluruhnya diterima KPU Kabupaten Purworejo. Kini tinggal menunggu distribusi logistik tahap kedua dari KPU Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Ketua KPU Kabupaten Purworejo Jarot Sarwo Sambodo menyampaikan, kebutuhan logistik tahap kedua yaitu lembaran daftar calon yang biasa dipasang di tempat pemungutan suara (TPS), surat suara, dan formulir daftar calon tetap (DCT). “Saat ini masih proses produksi,” ungkapnya Jumat (1/12).

Sementara, untuk kebutuhan logistik tahap pertama yang sudah diterima antara lain, ribuan alat tulis kantor (ATK), bilik suara sebanyak 11.980 buah, tinta sebanyak 5.990 buah, segel plastik 77.870 buah, dan kotak suara sebanyak 15.007 buah. “Untuk kotak suara ada 16 yang rusak dan sudah kami mintakan kotak suara baru ke provinsi,” sebutnya.

Baca Juga: Kapolda: Tunjukkan ke Indonesia, Pemilu Aman-Damai-Nyaman Dimulai dari Jogjakarta

Jarot menambahkan, untuk tanda pengenal petugas KPPS, petugas ketertiban, saksi tanda pengenal saksi pilpres dan parpol, saksi DPD (dewan perwakilan daerah) sudah diterima semua. “Jumlahnya puluhan ribu,” ujar dia.

Saat ini seluruh kebutuhan logistik tersebut telah disimpan di gudang penyimpanan logistik KPU Kabupaten Purworejo. KPU Kabupaten Purworejo menargetkan pembagian logistik ke 2.995 TPS di Kabupaten Purworejo selesai H-1 pemungutan suara.

Setelah semua logistik baik tahap pertama dan kedua sudah diterima, akan segera dilakukan proses pengelolaan logistik. Seperti, setting kotak suara, melipat surat suara, dan mensortir surat suara. “Setidaknya ada sepuluh jenis surat suara untuk pilpres, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten di enam daerah pemilihan (dapil),” kata dia.

Baca Juga: Biar Aman, Gudang Logistik Pemilu Dilengkapi CCTV

Diungkapkan, KPU akan bekerja secara hati-hati dan teliti untuk meminimalkan kesalahan saat penyortiran, pelipatan, dan packing. Jarot menyebut, akan meningkatkan koordinasi antar pegawai KPU Kabupaten Purworejo untuk antisipasi hal tersebut. (han/pra)

Lainnya

Exit mobile version