Neutron Yogyakarta

Warga Tak Sempat Ikut Lari, Gelar Borobudur Fun Run

Warga Tak Sempat Ikut Lari, Gelar Borobudur Fun Run
SEMANGAT: Para pelari berhasil menaklukkan rute sepanjang tiga kilometer dengan mengambil start dan finis di kompleks Candi Pawon, Minggu (3/12).Naila Nihayah/Radar Jogja  

RADAR KEBUMEN – Fun run menjadi agenda penutup dalam rangkaian Borobudur Marathon 2023. Ajang lari ini sebagai bentuk apresiasi kepada warga Borobudur karena sudah menjadi tuan rumah yang baik. Perhelatan ini mengambil start dan finis di kompleks Candi Pawon.

Panitia penyelenggara Budhi Sarwiadi mengutarakan, saat gelaran Borobudur Marathon pada Minggu (19/11) lalu, tidak banyak warga yang terlibat pada perlombaannya. “Mereka tidak terlibat larinya. Jadi, kami buatkan event ini (Borobudur Fun Run),” terangnya di sela kegiatan, Minggu (3/12).

Kegiatan ini, kata dia, memberikan kesempatan kepada warga Borobudur untuk berolahraga dan bersenang-senang. Total ada sekitar 1.900 warga dari berbagai kalangan usia yang mengikuti Borobudur Fun Run. Dengan menempuh jarak sekitar tiga kilometer (km). Tim penyelenggara juga memberikan apresiasi kepada tim cheering dari 46 sekolah dari 19 desa di Borobudur yang terlibat. Berupa fasilitas olahraga. Baik yang menjadi pemenang maupun tidak.

Baca Juga: Warga Borobudur Minta Tanah, Dihargai Rp 7,5 Juta per Meter

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Mulyanto menuturkan, kegiatan ini menjadi sebuah peluang untuk mempromosikan pariwisata di wilayahnya. Lebih-lebih, Borobudur fun run ini menjadi pelengkap agenda pariwisata di Kabupaten Magelang. “Mudah-mudahan terus berkelanjutan dan mendukung Kabupaten Magelang menjadi sejahtera, berdaya saing, dan amanah,” paparnya.

Camat Borobudur Subiyanto mengatakan, perhelatan ini menjadi satu dambaan dan berharap dapat terlaksana saban tahunnya. Menurutnya, konsep yang dibangun pada Borobudur Marathon tahun ini, merakyat. Baik dari sisi pemberdayaan maupun partisipasi warga. Konsep inilah yang seharusnya terjadi di Kecamatan Borobudur. Setiap kegiatan, warga bisa menikmati. “Baik dari sisi sosial atau ekonomi. Harapannya, tahun depan dapat terlaksana lebih baik lagi,” ujarnya.

Baca Juga: Luar Biasa, Youtuber Indonesia ini Ciptakan Candi Borobudur di Minecraft Dalam Waktu 100 Jam

Untuk kepesertaan kali ini, kata dia, sebagai tanda balas jasa kepada masyarakat. Mengingat penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023, sukses digelar dan tidak lepas dari peran serta warga setempat. “Mereka telah tuan rumah yang baik. Tidak salah jika panitia berbalas budi dengan menyelenggarakan event ini,” sambungnya. (aya/pra)

Lainnya

Exit mobile version