Neutron Yogyakarta

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran, 10 Desa di Kabupaten Magelang Hujan Abu

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran, 10 Desa di Kabupaten Magelang Hujan Abu
AWAN PANAS: Gunung Merapi terpantau memuntahkan APG. Hal itu membuat sejumlah desa di Kabupaten Magelang terdampak hujan abu.Dok: Akun X @BPPTKG

RADAR MAGELANG – Gunung Merapi memuntahkan awan panas guguran (APG) pada Jumat (8/12). Dengan arah angin ke utara. Dampaknya, 10 desa di Kabupaten Magelang mengalami hujan abu tipis. Beruntung, hujan abu itu tidak mengganggu aktivitas warga setempat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edi Wasono menuturkan, setelah terjadi APG sekitar pukul 14.46, beberapa desa di wilayahnya terjadi hujan abu. Tujuh desa di Kecamatan Dukun dan tiga desa di Kecamatan Sawangan.

Baca Juga: Gunung Merapi Kembali Gugurkan Awan Panas, Masyarakat Diimbau Waspada Abu Vulkanik

Dia merinci, tujuh desa di Kecamatan Dukun itu, antara lain, Desa Mangunsoko, Krinjing, Sengi, Paten, Sewukan, Banyudono, dan Sumber. Sedangkan tiga desa di Kecamatan Sawangan yakni Desa Krogowanan, Gantang, dan Kapuhan.

Hujan abu itu, kata dia, rata-rata tipis. Sehingga tidak berdampak pada kegiatan warga. Namun, hal itu juga perlu diantisipasi apabila Gunung Merapi kembali memuntahkan APG. “Hingga 16.20, sebaran hujan abu itu terjadi di sepuluh desa. Untuk jarak luncuran, kami masih menunggu rilis dari BPPTKG,” ujarnya saat dikonfirmasi. (aya/laz)

Lainnya