Neutron Yogyakarta

Bukan ke Studio, SBY Pilih Berlatih Nyanyi di Rumah Warga di Mertoyudan

Bukan ke Studio, SBY Pilih Berlatih Nyanyi di Rumah Warga di Mertoyudan
DISAMBUT HANGAT: Kedatangan rombongan SBY di Desa Bondowoso, disambut hangat oleh warga. SBY pun turut menyalami beberapa warga.

RADAR MAGELANG – Sambutan hangat dari warga Mertoyudan, mengiringi kedatangan rombongan Presiden RI keenam itu. Tak lupa, iringan lagu dan musik yang ciamik menambah suasana jadi semakin syahdu. Di dusun kecil itu, Susilo Bambang Yudhoyono menjatuhkan pilihan untuk berlatih menyanyi sebelum tampil dalam Reuni AMN 1973 di Akmil Magelang pada Rabu (13/12).

Kali ini, SBY menjatuhkan pilihannya untuk berlatih di sudut kampung yang ada di Kabupaten Magelang. Padahal, SBY bisa saja menyewa studio atau venue terbaik di Magelang atau Jogja. Tapi, dia lebih memilih berlatih di rumah Bonny Kusprasetyo. Tepatnya di Dusun Manggoran, Bondowoso, Mertoyudan.

Baca Juga: Yuasa Satria B Berhasil Sabet Juara di Ajang Kejurkab Sleman Korfball

Warga sekitar yang mendengar hal itu, tentu sangat antusias menyaksikan secara langsung mantan Presidennya dari dekat. Mereka turut menyambut kedatangan rombongan SBY hingga tiba di lokasi.

Rombongan SBY itu tiba di lingkungan rumah Bonny sekitar pukul 20.26. SBY didampingi oleh politikus Andi Alfian Mallarengeng, serta anggota DPR RI Rinto Subekti, dan Bramantyo Suwondo. Tak lupa, warga mengabadikan momen kedatangan SBY menggunakan gawai. SBY pun menyalami beberapa warga yang sudah menunggu kedatangannya.

Baca Juga: MagIS Wajib Steril Selama Renovasi, Kantor UPT Stadion hingga KONI Sleman Cari Tempat Baru

Demi memberikan suguhan yang tidak terkesan ‘ndeso’, lingkungan rumah kecil Bonny disulap sedemikian rupa. Agar cukup layak menjadi tempat berlatih menyanyi. Ditambah dengan tenda biru dan putih. Khas orang yang sedang hajatan.

Latihan itu untuk mempersiapkan diri sebelum benar-benar tampil pada gelaran reuni AMN 1973 di Akmil Magelang pada Rabu (13/12). Bonny dan teman-temannya berkesempatan untuk menjadi musisi pengiring SBY. Sekaligus menjadi ajang silaturahmi SBY dengan Bonny yang nyatanya sudah terjalin sejak lama.

Baca Juga: Beasiswa Tak Cair, Mahasiswa Asal Raja Ampat, Papua Barat Terlantar di Jogja

Bonny mulai mengiringi SBY sejak masih menjabat sebagai Presiden. Tepatnya pada 2011 lalu. Pembawaan yang humble, cekatan, dan sopan membuat SBY terkesan. Apalagi darah seni dan musik mengalir deras dalam tubuh Presiden keenam itu. “Hanya saja, dulu tidak diketahui banyak orang,” ujar Bonny saat ditemui, Senin (11/12).

Tidak main-main, hingga saat ini, SBY telah menciptakan 29 lagu miliknya dalam enam buah album CD dan dua album karaoke. Darah seninya, lanjut Bonny, dipupuk secara mandiri. Bukan warisan bakat orang tuanya. Alih-alih setuju dengan bakat itu, sang ayah justru sempat kesal dengan kegetolan SBY muda dalam berlatih musik.

Baca Juga: Kasus Pneumonia di Bantul Masih Dalam Tahap Wajar

Bahkan, SBY muda kerap mendapat pertanyaan ‘mau jadi apa kamu kalau kerjaanmu main musik terus?’. SBY pun hendak berseloroh, ‘mau jadi Presiden’. Ah, andai ia bisa membaca masa depan. Ternyata lelucon itu benar-benar menjadi kenyataan.

Bonny menceritakan, SBY sering berlatih musik di kediamannya dan tampil dalam beberapa kesempatan. Bonny bersama kawan-kawannya menjadi musisi pengiring dari Magelang dan sering melayani SBY. Baik di Pacitan maupun Cikeas.

Baca Juga: Soal Korupsi TKD Maguwoharjo, JCW Desak Jangan Berhenti Satu Tersangka hingga Surati Jaksa Agung

Pada Maret 2023 lalu, Bonny juga berkesempatan menghibur SBY dan tim bola voli miliknya, Bogor LavAni di Plataran Heritage, Borobudur. Dari situ, Bonny bertemu kembali dan memberanikan diri untuk berinteraksi secara langsung. “Saya cerita, kalau dulu sewaktu bapak (SBY) jadi Presiden, saya sering melayani (menghibur dengan musik) di Akmil Magelang,” terangnya.

SBY pun menyambutnya dengan baik dan mulai teringat dengan Bonny. Setelah percakapan itu, keduanya semakin dekat. Bonny kerap diminta untuk membawakan musik di sejumlah lokasi. Termasuk ikut memeriahkan hari ulang tahun Presiden keenam RI tersebut.

Baca Juga: PSS Sleman Bersaing dengan Tiga Klub, jika Gunakan Stadion Sultan Agung

Bonny pun merasa senang ketika SBY puas dengan musik yang dimainkan. Bahkan, Bonny merasa tersanjung saat asisten pribadi SBY mengirimkan sebuah pesan singkat pada November lalu. Bahwa SBY hendak berlatih menyanyi sebelum tampil di acara reuni. “Dia bilang, ‘bisa nggak, kalau H-1, latihan nyanyi dulu di rumah’. Akhirnya baru di-acc (setujui) Rabu (6/12) lalu,” lontarnya.

Mengetahui hal itu, Bonny dan kawan-kawannya antusias. Mereka mulai mempersiapkan kegiatan kecil itu. Termasuk mengantisipasi apabila hujan saat kegiatan itu berlangsung. Paspampres pun telah mengecek lokasi. Tanda kehadiran SBY bukanlah bualan semata.

Baca Juga: Dishub Bantul Akan Beri Peringatan Kerawanan Jalur Cinomati di Google Maps

Namun, SBY sepertinya tidak mengetahui lokasi latihan itu dipersiapkan sedemikian rupa. “Tidak ada kata, ‘wong ming ning ndeso’. Sesederhana apapun, saya harus well prepare. Karena kebiasaan dari militer, mungkin itu jadi salah satu alasan (kami menyiapkan ini),” urainya.

Dia menambahkan, SBY berlatih dua lagu berjudul First of May by Bee Gees dan Everything I Do by Bryan Adams. Dua buah lagu itu, kata dia, merupakan permintaan langsung dari SBY. Ada empat personel yang mengiring SBY, yakni pemain keyboad yang dimainkan oleh Bonny. Lalu, tiga pemain lainnya adalah perkusi, gitaris, dan vokal.

Bonny mengatakan, genre musik yang disuguhkan kepada SBY, bebas. SBY pun juga menyukai demikian. Sebab, Presiden keenam itu memang hendak memberi hiburan kepada orang lain. “Tapi, bapak beberapa kali menyanyokan lagi Banyu Langit milik Didi Kempot,” paparnya.(aya/pra)

Lainnya