Neutron Yogyakarta

KPU Kabupaten Magelang Mulai Distribusikan Logistik Pemilu, Sehari ke Empat Kecamatan

KPU Kabupaten Magelang Mulai Distribusikan Logistik Pemilu, Sehari ke Empat Kecamatan
TELITI: Penyortiran dan pelipatan surat suara di Gudang KPU Jogjakarta Jalan Pramuka, Prenggan, Kotagede, Jogja, Kamis (4/1/2024). (Agung Dwi Prakoso/Radar Jogja)

KORAN MAGELANG DIGITAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang mulai mendistribusikan logistik pemilu 2024 sejak Minggu (4/2). Sesuai jadwal, pendistribusian logistik ini ditargetkan selesai hingga ke tingkat kecamatan atau PPK pada Jumat (9/2).

Dalam pendistribusian ini, KPU menggunakan armada dari pihak ketiga sebanyak 15 truk. “Terhitung selama enam hari ke depan, kami akan distribusikan logistik pemilu dari tiga gudang yang kami gunakan. Yakni di gudang di Desa Deyangan, Desa Tamanagung, dan GOR Gemilang,” kata Ketua KPU Kabupaten Magelang Ahmad Rofik, Senin (5/2).

Dari tiga gudang tersebut, logistik untuk surat suara presiden-wakil presiden, DPD, dan DPRD Provinsi Jawa Tengah tersimpan di Desa Tamanagung, Muntilan Sedangkan untuk DPR RI di GOR Gemilang. Untuk DPRD Kabupaten Magelang disimpan di Desa Deyangan, Mertoyudan.

Setiap harinya, lanjut dia, logistik itu akan didistribusikan di empat kecamatan. Pada Minggu (4/2), sudah didistribusikan ke Kecamatan Windusari, Pakis, Borobudur, dan Muntilan. Untuk Senin (5/2) ini, juga didistribusikan di empat kecamatan. Yakni Ngablak, Dukun, Tegalrejo, dan Mungkid.

Kemudian, pada Selasa (6/2), dilanjutkan ke Kecamatan Grabag, Kajoran, Secang dan Salaman. Untuk kecamatan yang lain, akan didistribusikan pada Rabu hingga Jumat besok. Selama proses pengiriman atau distribusi itu juga dikawal oleh anggota Polri dan TNI.

Sekretaris KPU Kabupaten Magelang Ira Wahyu Catur Kusuma Ningtias menyebut, logistik pemilu seperti kotak suara itu didistribusikan pada 4-9 Februari ke tingkat PPK. Kemudian, PPK akan mendistribusikannya ke tingkat PPS mulai 10-12 Februari.

Lalu, pada 13 Februari, logistik pemilu itu harapannya sudah meluncur ke tingkat TPS. “Secara keseluruhan, logistik lain aman. Namun, ada beberapa formulir plano yang rusak. Tapi, sudah kami ambil langkah-langkah dan sudah ada arahan dari KPU RI di masing-masing penyedia logistik,” kata dia. (aya)

Lainnya

Exit mobile version