Neutron Yogyakarta

Guru Bumi, Kreator Media Edukasi Interaktif

Guru Bumi, Kreator Media Edukasi Interaktif
INOVATIF: Guru Bumi menjadi kreator media edukasi interaktif sejak 2016 untuk mengasah kemampuan dan tumbuh kembang anak. Produk yang dibuat berupa kartu kuartet, board game, hingga beragam media infografis.Fahmi Fahriza/Radar Jogja 

RADAR MAGELANG – Media edukasi yang bersifat interaktif menjadi aspek penting dalam proses perkembangan dan pembelajaran anak. Merespons situasi dan peluang yang ada, Guru Bumi hadir sebagai salah satu kreator media edukasi interaktif tersebut.

Digawangi oleh tiga perempuan, yakni Nathania Tifara selaku Founder dan Product Development, Ulfia Atmaha selaku Visual Communication and Creative Planning, serta Kapitania Imaniar sebagai Communication Organization. “Guru Bumi berdiri tahun 2016 dan kami memang fokus membuat ragam media belajar interaktif,” jelas Kapitania Selasa (18/7/23).

Produk-produk yang dihasilkan Guru Bumi antara lain adalah poster infografis, magnetic board game, serta kartu kuartet yang berisi ragam satwa hingga jajaran pulau di Indonesia. Guru Bumi secara konsep memang dokus pada produk yang mengusung tema alam, flora fauna, dan budaya yang dimiliki Indonesia.

Baca Juga: Dispendik Gunungkidul Sebut Kekurangan Guru Hingga 800 Orang

Pada proses kreatif dan riset produk, Guru Bumi melibatkan ragam akademisi hingga peneliti. Mereka didapuk sebagai narasumber saat riset hingga ada yang terlibat sebagai kontributor konten pada proses produksi.

Ulfia menambahkan, produk yang dibuat selama ini tidak asal-asalan. Sebab dari riset hingga positioning market harus jelas dan rinci. “Untuk satu produk saja risetnya bisa berbulan-bulan lamanya, kami banyak baca data dan penelitian untuk menunjang konten di produk kami,” tutur Ulfia.

Dalam memasarkan produknya, Guru Bumi banyak bekerja sama dengan beberapa sekolah. Selain itu, juga aktif berjualan di marketplace dan bazzar di acara expo. “Kami banyak permintaan dari sekolah, mulai dari jenjang TK hingga SD, bahkan tak jarang konsumen datang dari orang tua baru yang butuh media edukasi untuk anaknya,” ungkap Ulfia.

Baca Juga: Mengenal Guru Bumi, Kreator Media Edukasi Interaktif Bagi Anak

Guru Bumi mematok produk-produk mereka mulai dari harga paling rendah yakni Rp 17 ribu berupa poster infografis. Sedangkan harga tertinggi yaitu Rp 375 ribu untuk magnetic board game.  “Mahal karena memang kualitas bahannya juga bagus dan proses trial error-nya membutuhkan waktu hampir satu tahun,” sambung Kapitania.

Guru Bumi memiliki sebuah tagline “Teman Belajar Seru dan Bermakna”. Sebab produk yang dihasilkan selalu memiliki kedekatan personal dari pengalaman dari pemilik Guru Bumi. “Tentu kualitas dan makna produk itu sangat penting, dan kami banyak mempelajarinya juga dari para customer lalu dikombinasikan dengan pengalaman dari kami selaku kreator,” tandas Ulfia. (iza/eno)

Lainnya

Exit mobile version