Neutron Yogyakarta

Menyongsong 2024, Ekonomi DIY Diproyeksikan Tumbuh di Kisaran 5,5 persen

Menyongsong 2024, Ekonomi DIY Diproyeksikan Tumbuh di Kisaran 5,5 persen
SIAP: Y. Sri Susilo (kanan). (Fahmi Fahriza/Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – Tahun 2024 diproyeksikan jadi momentum penting yang harus dioptimalkan dalam pertumbuhan berbagai sektor krusial termasuk ekonomi.

Ekonom Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Y. Sri Susilo memprakirakan, bahwasanya ekonomi DIY 2024 diproyeksikan bisa tumbuh di kisaran 5,5 hingga 5,6 persen.

Secara umum, angka tersebut bahkan lebih tinggi bila dibandingkan target pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di angka 5,2 persen.

Baca Juga: Optimis Target Investasi Rp 885 M Tercapai di Tengah Tahun Politik

Dikatakannya, optimisme tersebut didasari dengan banyaknya pembangunan properti hingga infrastruktur dan fasilitas yang ada di wilayah DIY.

“Salah satunya pembangunan tol, dan beberapa proyek lain yang potensi meningkatkan ekonomi,” katanya, Selasa (2/1).

Ia mencontohkan, sebelumnya dibangunnya proyek Yogyakarta International Airport (YIA) secara umum juga berdampak positif dan mendorong pertumbuhan ekonomi di DIY.

Baca Juga: Rayakan Malam Tahun Baru, Inara Rusli Pamer Foto Bersama Anak – anaknya dan Mantan Suami, Virgoun

Selain itu, entitas DIY sebagai kota pariwisata dan kota pelajar juga masih memiliki potensi besar untuk mendorong ekonomi terus tumbuh.

Dia menilai kedua sektor tersebut saat ini merupakan aspek penting dengan peranan yang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi DIY.

“Proyeksinya kisaran 5,5 persen, kalau sampai 6 persen memang rasanya berat, apalagi juga tahun politik,” tuturnya.

Baca Juga: Ikut Senam Sehat, Bawaslu Sleman Kirim Surat ke Pemkab Sleman Karena Perangkat Kalurahan Sardonoharjo Diduga Terlibat Kampanye, Ini Jawaban Lurah!

Disebutnya, momentum pemilu tersebut juga akan berdampak terhadap sektor perekonomian. Dia menilai bahwa kondusivitas dan keamanan wajib dijaga guna menstabilkan situasi perekonomian nasional.

“Kalau ekonomi nasional terdampak, besar kemungkinan ekonomi daerah juga kena imbasnya,” paparnya.

Sebelumnya, Kepala BI DIY Ibrahim turut menyampaikan bahwa, pada 2024 pertumbuhan ekonomi DIY diperkirakan akan berada di kisaran 4,60 hingga 5,40 persen secara tahunan.

Senada dengan Sri Susilo, Ibrahim meyakini bahwa momentum pemilu juga akan banyak berpengaruh terhadap laju perekonomian baik nasional ataupun daerah.

Baca Juga: Kebutuhan Mendesak, Shin Tae-yong Izinkan Shayne Pattynama Pulang

“Salah satu faktor pertumbuhan ekonomi nanti akan dipengaruhi adanya pemilu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia merinci bahwa sektor pariwisata hingga meeting, incentive, conference, and exhibition (MICE) juga akan banyak terjadi dan turut memberikan dampak yang positif.

“Pertumbuhannya juga didorong agenda pariwisata baik skala nasional atau internasional, itu mendorong investasi masuk dan gelaran MICE,” tandasnya. (iza/amd)

Lainnya

Exit mobile version