Neutron Yogyakarta

Disdukcapil Luncurkan Aplikasi Api Menoreh

Disdukcapil Luncurkan Aplikasi Api Menoreh
ANTRE: Suasana pelayanan di kantor Disdukcapil Kabupaten Magelang. Para warga tampak mengantre untuk mendapat layanan.Naila Nihayah/Radar Jogja

RADAR MAGELANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Magelang meluncurkan aplikasi mengurus dokumen kependudukan ora ribet gratis tur pekolah (Api Menoreh). Yang semula merupakan aplikasi pelayanan online berbasis WhatsApp bot.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Magelang Anta Murpuji menjelaskan, aplikasi ini didukung penuh oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang dalam pengembangannya. Ke depan, aplikasi tersebut bakal dikembangkan untuk pelayanan administrasi kependudukan bagi instansi yang bekerja sama dengan disdukcapil.

Terutama untuk penerbitan akte kelahiran, seperti rumah sakit, puskesmas, serta klinik bersalin. “Hal ini dilakukan untuk membuka titik pelayanan yang lebih luas dengan maksud mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” paparnya di Ruang Command Center Pusaka Gemilang, Jumat (28/7/23).

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto menuturkan, layanan ini dinilai berperan penting dalam melakukan pencatatan. Mulai sejak lahit hingga meningal dunia. “Layanan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan,” ujarnya.

Dengan begitu, masyarakat desa dapat mengakses layanan kependudukan secara mudah, cepat, dan efisien. Adi menekankan agar disdukcapil segera melakukan sosialisasi terkait pelayanan penerbitan dokumen kependudukan melalui inovasi Api Menoreh.

Menururnya, inovasi yang telah dirancang tidak akan ada artinya apabila masyarakat sebagai subyek tidak memanfaatkannya. “Lakukan juga evaluasi dan penyempurnaan secara berkala dalam pelaksanaan inovasi aplikasi Api Menoreh ini guna memperoleh hasil yang maksimal,” tegasnya. (aya/pra)

Lainnya

Exit mobile version