Neutron Yogyakarta

Pelajar SMPN 1 Gombong Borong Medali Kejurnas

Pelajar SMPN 1 Gombong Borong Medali Kejurnas
PEMENANG : Pelajar SMP Negeri 1 Gombong berhasil meraih tropi juara dalam ajang kejuaraan judo tingkat nasional tahun 2023.ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Lima pelajar SMP Negeri 1 Gombong mencatatkan prestasi membanggakan di tingkat nasional. Mereka berhasil membawa pulang tropi kejuaraan nasional (kejurnas) tahun 2023 untuk cabang olahraga (cabor) judo.

Kelima atlet dari SMPN 1 Gombong itu, masing-masing Kevin Rafi Ramadhan, peraih medali emas. Kemudian, Rizky Daffa dan Fais peraih medali perak. Selanjutnya, peraih medali perunggu adalah Annisa Ayuandira dan Judha Pratama.

Mereka berhasil membawa pulang tropi dari berbagai kelas kejuaraan. Di antaranya, kelas putra diatas 95 kilogram, kelas di bawah 81 kilogram hingga kelas putri dibawah 44 kilogram. “Tentu bangga ya, dari Kebumen itu mengirim 13 atlet. Sampai babak akhir atlet kami masuk kategori juara,” kata Pelatih Judo SMPN 1 Gombong Dipo Indra Praserta, Senin (31/7/23).

Baca Juga: Riski Adi Pradana, Relawan BPBD Kebumen Bawa Timnas Garuda INAF Juara di Malaysia

Kejurnas ini berlangsung selama empat hari, mulai 27-30 Juli 2023 di gedung Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kota Bandung. Sedikitnya 450 atlet judo dari 18 Pengprov ikut meramaikan ajang bergengsi tersebut. Adapun untuk kategori kejuaraan dibuka khusus bagi kalangan pelajar dan mahasiswa.
Dipo menyebut, kelima atlet tersebut merupakan atlet harapan Kebumen yang akan diprioritaskan mengikuti ajang kejuaraan berjenjang. Mereka, kata Dipo, akan tetap menjalani pembinaan berpusat di Judo Waza Gombong. “Kami harap ada perhatian lebih ya. Kalau tidak sangat disayangkan. Bibit kemungkinan jadi bidikan Pengda lain,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu atlet Kevin Rafi Ramadhan, 15, bersyukur mampu menyumbang medali emas. Capaian ini tak terlepas dari persiapan matang, khususnya sesi latihan dari beberapa bulan sebelumnya. “Jadi tambah pengalaman, bisa bertanding dengan atlet pilihan provinsi lain. Sekolah jadi lebih dikenal,” jelasnya.

Dalam kejurnas itu, ia bersama teman lain berhasil menyingkirkan 23 lawan terberat dari berbagai penjuru daerah. Ia berharap pada even berikutnya dapat mempertahankan tropi juara. “Perjalanan masih panjang, ada peluang untuk bermain go internasional,” ujarnya. (fid/pra)

Lainnya