Neutron Yogyakarta

Lomba Renang untuk Hidupkan Magelang Utara

Lomba Renang untuk Hidupkan Magelang Utara
IKUTI PERLOMBAAN: Para peserta Samapta Fun Swim Kids Competition II tampak semangat menaklukkan medan di Samapta Auqatic Stadium Kota Magelang, Minggu (10/9).Naila Nihayah/Radar Jogja

RADAR MAGELANG – Untuk kali kedua, kegiatan bertajuk Samapta Fun Swim Kids Competition kembali digelar. Perlombaan renang dengan total 148 nomor ini diikuti 415 peserta dari Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan DIJ. Tujuannya untuk melahirkan bibit atlet renang. Juga untuk menghidupkan kawasan Magelang utara.

Ketua panitia pelaksana Asef Amani mengatakan, kegiatan ini diinisiasi oleh Pengurus Cabang (Pengcab) Akuatik Indonesia Kota Magelang dan UPT Gelora Sanden. Harapannya, Samapta Fun Swim Kids Competition menjadi agenda olahraga yang turut menghidupkan kawasan Magelang bagian utara. Baik secara ekonomi maupun kemasyarakatan.

Dia menambahkan, kejuaraan ini untuk menumbuhkembangkan kemampuan para atlet pemula agar semakin terampil. Sekaligus mempersiapkan bibit-bibit atlet pemula agar nantinya bisa mengikuti kejuaraan yang bersifat daerah, wilayah, nasional, maupun internasional.

Baca Juga: Sop Senerk Purworejo Beda dengan Magelang

Asef menyebut, kejuaraan ini diikuti oleh peserta dari jenjang usia lima tahun hingga 14 tahun. “Event Samapta Fun Swim Kids Competition II tahun 2023 sekaligus sebagai ajang pemanasan menuju kejuaraan tingkat yang lebih tinggi,” ujarnya di Samapta Aquatic Stadium Kota Magelang, Minggu (10/9).

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang Sarwo Imam Santoso menuturkan, kejuaraan bagi para atlet pemula ini menjadi wadah untuk mengasah dan kemampuannya. “Event ini sangat penting untuk mencari bibit-bibit atlet, terutama di Kota Magelang,” terangnya.

Secara tidak langsung, mereka juga bisa mengetahui kemampuan dari para atlet dari luar daerah. Karena selama ini, kata dia, mereka hanya berlatih, tanpa adanya kompetisi. Sehingga kejuaraan ini dapat dimanfaatkan sebagai tolok ukur kemampuan mereka.

Baca Juga: Bulan Dana PMI Magelang Terkumpul Rp 1,07 Miliar

Imam memaparkan, bertemunya para atlet dan para pecinta olahraga dari berbagai daerah, tentu dapat menambah khasanah dan pengalaman berharga bagi mereka. Imam berharap, tidak hanya renang saja, tapi cabang olahraga lain juga dapat mengadakan kejuaraan yang serupa. (aya/pra)

Lainnya