Neutron Yogyakarta

KPU Mulai Siapkan Gudang Logistik Pemilu

KPU Mulai Siapkan Gudang Logistik Pemilu
Pengendara sepeda motor melintas di depan Kantor KPU Kebumen. (M HAFIED/RADAR KEBUMEN)

RADAR MAGELANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen mulai menyiapkan gudang penyimpanan logistik untuk Pemilu 2024. Beberapa tempat representatif dipilih guna memastikan kemudahan distribusi logistik sebelum maupun setelah pemungutan suara.

Namun, Ketua KPU Kebumen Yulianto belum bisa memberikan informasi secara detail mana saja lokasi gudang penyimpanan logistik. Pihaknya bakal menggunakan gudang melalui sistem sewa, mengingat kantor KPU Kebumen tidak cukup untuk menyimpan seluruh kebutuhan logistik Pemilu 2024. “Sudah ada gambaran tempat. Tim juga sudah cek ke lokasi. Yang pasti tidak jauh dari kantor,” ungkapnya,Selasa (17/10).

Gudang logistik dipilih sesuai standar kelayakan. Di antaranya bebas rayap dan tikus. Tidak berada di daerah rawan banjir. Adapun beberapa logistik yang akan disimpan meliputi kotak suara, bilik suara, tinta, segel dan peralatan lain. “Pemilihan gudang ada prosedur tersendiri. Tinggal nanti pilih yang sesuai spesifikasi,” sambungnya.

Selain gudang, KPU Kebumen juga terus melakukan pemantapan terhadap badan adhoc di tingkat kecamatan. Dari kesiapan ini diharapkan Pemilu 2024 mendatang berjalan lancar. Kemudian, upaya lain untuk meningkatkan partisipatif masyarakat salah satunya melalui sosialisasi ke berbagai lembaga pendidikan di Kebumen. “Rangkaian tahapan terus bergulir ya, kami juga sambangi sekolah untuk edukasi kepemiluan,” terangnya.

Ketua Bawaslu Kebumen Amin Yasir mengatakan, pihaknya siap mengawal setiap tahapan Pemilu 2024. Termasuk mengawal distribusi logistik untuk bahan pemungutan maupun perhitungan suara. Sebelumnya, juga telah digelar rapat bersama KPU Kebumen membahas regulasi terkait logistik Pemilu 2024. “Belum lama kami ikut hadir pembahasan. Intinya menyangkut dukungan perlengkapan pemungutan suara,” jelasnya. (fid/din)

Lainnya