Neutron Yogyakarta

Sebagian Wilayah Purworejo Masih Kesulitan Air

Sebagian Wilayah Purworejo Masih Kesulitan Air
Sejumlah tangki air bersih dari BPBD Kabupaten Purworejo masih terus disalurkan ke masyarakat terdampak meski hujan telah turun di wilayah Kabupaten Purworejo, Senin (13/11).ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Hujan juga telah turun di sebagian wilayah Kabupaten Purworejo. Namun, belum bisa mencukupi kebutuhan air bersih di masyarakat khususnya di wilayah yang sangat terdampak.

Buktinya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo masih terus melakukan droping di desa-desa terdampak. Mereka masih kekurangan air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Paguyuban Tenaga Kontrak BPBD Kabupaten Purworejo pun dengan iuran sukarela untuk mengadakan 20 tangki air bersih dengan kapasitas 5.000 liter.

“Kami salurkan ke wilayah Kecamatan Loano, Bagelen, Butuh, Kaligesing, hingga Kemiri,” ungkap Koordinator Tenaga Kontrak BPBD Kabupaten Purworejo Akhmad Shofyan, Senin (13/11).

Baca Juga: Hujan Telah Turun di Sebagian Wilayah Purworejo, Belum Bisa Cukupi Kebutuhan Air di Masyarakat

Dia mengatakan, selama mendistribusikan air ke warga terdampak kekeringan, mereka merasa iba dengan kondisi di lapangan. Mereka melihat dampak kekeringan yang berkepanjangan dan semakin banyak permintaan air bersih ke BPBD Kabupaten Purworejo. BPBD Kabupaten Purworejo telah mendistribusikan air bersih lebih dari 530 tangki air. Sebanyak 530 tangki tersebut telah tersalurkan ke 59 desa di 14 kecamatan mengalami kekeringan ekstrem.”Kami melihat warga sangat-sangat membutuhkan air,” ujarnya.

Yakni, sekitar 15.447 jiwa dari 690 KK di Kabupaten Purworejo sangat membutuhkan air. Dari situ, Akhmad dan teman-temannya berinisiatif melakukan iuran secara sukarela untuk sedikit meringankan beban mereka.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purworejo Haryono sangat mengapresiasi kegiatan sosial tersebut. Meski beberapa hari wilayah Kabupaten Purworejo turun hujan tetapi bekum mencukupi kebutuhan air bersih. “Mereka kan sering ke lapangan, jadi mereka paham situasi. Semoga bantuan tersebut bermanfaat bagi masyarakat,” tandas dia. (han/pra)

Lainnya

Exit mobile version