Neutron Yogyakarta

Rerata per Hari 100-150 Warga Purworejo Sambangi Perpustakaan

Rerata per Hari 100-150 Warga Purworejo Sambangi Perpustakaan
Suasana pameran buku yang digelar oleh Dinpusip Purworejo di halaman Perpustakaan Kabupaten Purworejo yang terletak di Kecamatan Kutoarjo pada Selasa (14/11).JIHAN ARON VAHERA/RADAR JOGJA

RADAR MAGELANG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Purworejo mencatat rerata kunjungan perpustakaan per hari 100-150 kunjungan. Meningkatkan jumlah kunjungan, berbagai event pun digelar.

Seperti gelar pameran buku di Perpustakaan Kabupaten Purworejo. Pemeran buku tersebut akan berlangsung selama tujuh hari dari 14-20 November 2023 mendatang. Kabid Perpustakaan, Dinpusip Purworejo Aspiyatun menyebutkan, pameran buku tersebut dalam rangka memperingati Hari Nasional Membaca dengan tema temukan keajaiban dalam membaca. “Kami menggandeng sebanyak 15 penerbit di Purworejo maupun luar Purworejo,” katanya Selasa (14/11).

Untuk memeriahkan event tersebut, Dinpusip Kabupaten Purworejo juga menggandeng 18 UMKM, menggandeng dua taman bacaan masyarakat (TBM) di Kabupaten Purworejo dan menggelar sejumlah lomba, seperti lomba film pendek hingga bercerita.

Baca Juga: Pameran Buku di Perpustakaan Purworejo, Tingkatkan Minat Baca dan Kunjungan Perpustakaan

Dia berharap, event tersebut dapat menumbuhkan minat baca dan kunjungan di Perpustakaan Kabupaten Purworejo. Yang harapannyamasyarakat Kabupaten Purworejo menjadi lebih cerdas dan literasi serta SDM masyarakat meningkat.

Plt Bupati Purworejo Yuli Hastuti berharap, event itu menjadi salah satu wujud nyata dari upaya Pemkab Purworejo dalam mewujudkan budaya literasi di masyarakat itu. “Pameran buku ini bukan hanya sebuah acara biasa untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan masyarakat tetapi diharap masyarakat dapat mengeksplorasi dunia lebih mendalam,” tutur dia.

Ditambahkan, saat ini Perpustakaan Kabupaten Purworejo sudah mengalami perkembangan sangat pesat. Selain itu, terus perbaiki diri untuk mewujudkan layanan yang baik untuk masyarakat. Salah satunya dengan dibangun gedung perpustakaan yang representatif.Sejak diresmikan animo masyarakat meningkat drastis dan itu sangat melegakan. “Itu menjadi semangat Pemkab Purworejo untuk terus mendorong dan meningkatkan layanan serta sarana prasarana yang maksimal bagi masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga: Tambah Daya Tarik Pembaca, Perpustakaan Purworejo Akan Dilengkapi Taman Baca Hingga Gazebo

Anggota DPRD Purworejo Budi Sunarya menyampaikan, menurut UNESCO minat baca di Indonesia sangat rendah. Bahkan, tingkat literasi Indonesia masuk urutan kedua dari bawah soal literasi dunia. “Minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001 persen,” katanya.

Untuk mendongkrak minat baca masalah, Perpustakaan Kabupaten Purworejo saat ini membuka pameran bazar buku murah hingga pojok baca digital. “Pameran ini merupakan salah satu kegiatan prioritas nasional di bidang perpustakaan. Masyarakat bisa datang dan mengakses banyak buku bermanfaat sesuai bidang disukai,” ajak dia. (han/pra)

Lainnya

Exit mobile version