Neutron Yogyakarta

Hujan Sebabkan 30 Titik Bencana

Hujan Sebabkan 30 Titik Bencana
PORAK-PORANDA: Kondisi pasca-hujan disertai angin kencang menerjang wilayah Kebumen membuat kejadian tanah tumbang hingga tanah longsor Rabu (15/11/23).DOKUMENTASI BPBD Kebumen

RADAR MAGELANG – Hujan disertai angin kencang melanda Kebumen pada Rabu (15/11) dini hari. Kondisi ini mengakibatkan berbagai jenis bencana di 30 titik. Mulai rumah ambruk, banjir, pohon tumbang, hingga tanah longsor.

Bako Humas BPBD Kebumen Heri Purwoto menjelaskan, bencana itu tersebar di 18 kecamatan. Dengan rincian kejadian bencana tanah longsor melanda 12 desa yang tersebar di lima kecamatan. Kemudian, angin kencang terjadi di 15 desa di 10 kecamatan. Selain itu, banjir luapan menerjang 3 desa di 3 kecamatan.

Salah satu titik longsor terparah, lanjutnya, terjadi di Jalan Bumiagung-Wagirpandan. Ruas jalan kabupaten tersebut terputus, sehingga mengakibatkan arus lalu lintas tersendat. “Termonitor semua, tim sedang ke lokasi untuk assesment,” katanya Rabu (15/11/23).

Baca Juga: Diguyur Hujan Semalam, Kebumen Dikepung Bencana

Tak hanya itu, sebagian wilayah juga terkena dampak pemadaman listrik lantaran jaringan listrik PLN ambruk. Angin puting beliung juga menerjang 15 rumah di Desa Kedawung, Kecamatan Pejagoan. Dari 15 rumah, lima diantaranya mengalami kerusakan cukup parah.

Kemudian, banjir terjadi di SMP Negeri 1 Ambal. Sekolah di pesisir selatan ini tampak tergenang air hingga merendam ke ruang kelas. “Sudah penanganan bersama warga. Sebagian titik juga telah dikirim bantuan makanan,” bebernya.

Heri menerangkan, bencana alam dipicu akibat hujan dengan instensitas lebat sejak pukul 02.00-08.00. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, kerugian materil atas peristiwa tersebut ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. “Informasi kejadian kami rekap dan inventarisir serta diverifikasi. Tim beserta relawan kami sebar ke berbagi wilayah,” ungkapnya. (fid/eno)

Lainnya

Exit mobile version