Neutron Yogyakarta

Hujan Deras Semalaman, Tanah Longsor Terjang Satu Rumah

Hujan Deras Semalaman, Tanah Longsor Terjang Satu Rumah
KERJA BAKTI: Warga saat kerja bakti membersihkan material longsor yang menimpa rumah milik Rokijan warga Desa Dilem, Kecamatan Kemiri pada Kamis (16/11) pagi.ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Satu rumah di Desa Dilem, Kecamatan Kemiri, Purworejo milik Rokijan terkena longsor pada Kamis (16/11) pagi. Lantaran, wilayah tersebut dilanda hujan dengan intensitas tinggi semalaman sejak pukul 01.00.

Akibat dari tanah longsor tersebut tembok rumah Rokijan jebol dan mengalami kerusakan cukup parah. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Saat ini keluarga yang terdampak juga telah dievakuasi oleh petugas gabungan. “Tadi pagi sekitar pukul 04.30. Saat kejadian saya sedang di luar rumah untuk membersihkan saluran air. Istri dan anak saya sedang di dapur,” ungkapnya Kamis (16/11).

Saat hujan melanda diduga air masuk ke dalam celah talud dan mengakibatkan talud tersebut roboh. Pun, menerjang rumah Rokijan, paling parah di tembok kamar.

Baca Juga: Longsor Terjang Purworejo, Satu Rumah Tertimbun, Keluarga segera Dievakuasi

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo Haryono menyampaikan, tebing tersebut berada di jalan kabupaten ruas Tursino – Dilem. “Koban jiwa tidak ada. Namun, korban mengalami kerugian rumah jebol kira-kira Rp 10 juta,” sambung dia.

Diungkapkan, setelah menerima laporan tersebut, petugas langsung bergegas ke lokasi. Relawan gabungan baik dari TNI, Polri, BPBD hingga warga sekitar melakukan gotong royong membersihkan material longsor. “Alat berat tak bisa masuk lokasi karena sudut talud terlalu curam sekitar 45 derajat,” ujar dia.

Saat musim penghujan, sejumlah wilayah di Kabupaten Purworejo sangat rawan terjadi bencana tanah longsor dan banjir. Untuk itu, Haryono mengimbau kepada masyarakat untuk hati-hati dan waspada. “Lebih meningkatkan kewaspadaan,” pesannya. (han/pra)

Lainnya

Exit mobile version