Neutron Yogyakarta

Ingin Kembali Raih APE untuk Pastikan SDM Unggul

Ingin Kembali Raih APE untuk Pastikan SDM Unggul
VERIFIKASI: Pemkab Purworejo saat menerima tim verifikasi lapangan evaluasi pengarusutamaan gender 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA) pada Selasa (14/11).ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo bertekad untuk kembali meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kembali tahun ini. Diketahui, penghargaan APE adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada kementerian atau lembaga, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota. Yakni, atas komitmennya dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak.

Plt Bupati Purworejo Yuli Hastuti menyebutkan, Pemkab Purworejo pernah mendapatkan penghargaan tersebut. Pada  2021 lalu Pemkab Purworejo pernah menerima penghargaan APE 2020 Kategori Utama. “Tahun ini, kami bertekad akan kembali meraih penghargaan tersebut,” ungkapnya Jumat (17/11).

Dia berharap, dengan penghargaan tersebut kualitas sumber daya manusia (SDM) benar-benar unggul. Artinya, sehat dan sejahtera, terjamin kualitas pendidikannya secara adil dan inklusif, mencapai kesetaraan gender dengan memberdayakan perempuan dan melindungi hak anak, serta mencapai pembangunan pemuda dan olahraga.

Baca Juga: Target Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Purworejo Tahun Ini Rp 94,7 Miliar, Realisasi Hingga November 85 Persen

Yuli menyebutkan, Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Kabupaten Purworejo tahun ini hingga triwulan III sudah tercapai 70.09 persen. IDG merupakan indikator yang menunjukkan bahwa perempuan dapat memainkan peranan aktif dalam kehidupan ekonomi dan politik.

Untuk penilaian APE 2023, Kabupaten Purworejo telah menerima tim verifikasi lapangan evaluasi pengarusutamaan gender 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA) pada Selasa (14/11) lalu. Penilaian tersebut merupakan rangkaian tahapan dalam pemberian penghargaan APE 2023.

Dia berharap, tim verifikasi dapat menemukan keunggulan-keunggulan yang dimiliki Kabupaten Purworejo dalam hal pengarusutamaan gender. “Dengan begitu, tahun ini Kabupaten Purworejo kembali meraih kategori juara terbaik,” harap dia. (han/pra)

Lainnya