Neutron Yogyakarta

Apresiasi Pokdarwis, Sepuluh Desa Dipromosikan ke Biro Wisata di Jateng dan DIJ

Apresiasi Pokdarwis, Sepuluh Desa Dipromosikan ke Biro Wisata di Jateng dan DIJ
Lima pokdarwis berprestasi di Kabupaten Purworejo mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Pemkab Purworejo beberapa waktu lalu.ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Purworejo diberikan apresiasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo. Yakni, melalui ajang Apresiasi Pokdarwis Kabupaten Purworejo 2023 yang digelar oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo.

Kepala Dinporapar Kabupaten Purworejo Stephanus Aan Isa Nugraha menyampaikan, ajang tersebut merupakan komitmen dari Pemkab Purworejo untuk menjadikan sektor pariwisata menjadi sektor unggulan menuju Purworejo berdaya saing 2025.

Selama dua bulan terakhir tim Dinporapar Kabupaten Purworejo menyeleksi sebanyak 55 desa wisata yang ada di Kabupaten Purworejo.”Sebanyak sepuluh desa wisata kami difasilitasi dengan menggelar produk dan memasarkan langsung produknya ke beberapa biro wisata di Jateng dan DIJ,” ungkapnya Rabu (22/11).

Dijelaskan, Dinporapar Kabupaten Purworejo kemudian mengambil lima terbaik. Dia berharap, pokdarwis tersebut dapat memotivasi pokdarwis lain di Kabupaten Purworejo untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor penggerak ekonomi. Terlebih, desa wisata menjadi garda terdepan untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Purworejo.

Baca Juga: Pengembangan Potensi Wisata, Pemkab Purworejo Beri Apresiasi bagi Pokdarwis Berprestasi

Terpisah, Staf Ahli Bupati Purworejo Tri Wahyuni berharap, ajang tersebut dapat memotivasi pokdarwis lain. Yaitu, untuk lebih bersemangat berkreasi dan berinovasi mengelola potensi wisata yang dimiliki.Dikatakan, pokdarwis di Kabupaten Purworejo harus bersinergi dengan Pemkab Purworejo agar lebih terarah. “Harus saling beriringan agar bisa mengembangkan potensi pariwisata di desa-desa,” pesannya.

Penyerahan apresiasi tersebut telah dilakukan di Ganeca Convention Hall Purworejo pada Senin (20/11). Juara 1 diraih oleh Pokdarwis W.R. Soepratman (Desa Somongari, Kaligesing), juara 2 Pokdarwis Gunung Gajah (Desa Pandanrejo, Kaligesing), juara 3 Pokdarwis Jetis Manis (Desa Patutrejo, Grabag), juara harapan 1 Pokdarwis Tirta Sejahtera (Desa Cepedak, Bruno), dan juara harapan 2 Pokdarwis Cacaban Kidul (Desa Cacaban Kidul, Bener). (han/pra)

Lainnya

Exit mobile version