Neutron Yogyakarta

DLHKP Sebut Bukan Macan, tapi Monyet, Ragukan Video Kemunculan Macan di Sekitar Pantai Menganti

DLHKP Sebut Bukan Macan, tapi Monyet, Ragukan Video Kemunculan Macan di Sekitar Pantai Menganti
M Hafied/Radar Kebumen

RADAR MAGELANG – Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan, dan Perikanan (DLHKP) Kebumen meragukan keberadaan macan di sekitar Pantai Menganti. Ini menyusul beredarnya video viral yang menarasikan kemunculan macan di area bukit sekitar Pantai Menganti.

Subkor Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada DLHKP Kebumen Asifudin menerangkan, dari hasil analisis tim dapat disimpulkan hewan liar yang sempat terekam itu bukan macan, melainkan sejenis kera.

Kendati begitu, pihaknya tetap akan melakukan rangkaian validasi melalui pengumpulan data serta penjauan lapangan perihal video viral tersebut. “Itu bukan macan, tapi monyet. Dilihat sekilas dari cara berdiri dan berjalan itu monyet,” jelasnya, Kamis (23/11).

Baca Juga: Bukan Macan Tapi Monyet, DLHKP Kebumen Ragukan Video Kemunculan Macan di Sekitar Pantai Menganti

Ia menerangkan, merujuk data sebaran satwa menunjukkan bahwa sekitar Pantai Menganti bukan merupakan habitat asli macan. Meski begitu, pihaknya tetap membuka berbagai kemungkinan yang terjadi. Sebab, wilayah perbukitan Pantai Menganti masuk dalam kawasan hutan. “Namanya satwa bisa berpindah. Bisa juga orang membawa kesitu. Nah, ini kemungkinan masih perlu diselidiki,” ucapnya.

DLHKP Kebumen juga telah berkoordinasi dengan BKSDA Jawa Tengah. Berbagai langkah dalam waktu dekat akan ditempuh untuk memastikan kemunculan hewan liar tersebut. “Hasil analisis masih bisa berkembang ketika nanti dilakukan peninjauan. Sejauh kami tahu, sekitar Pantai Menganti sudah tidak ada macan,” katanya.

Sebelumnya, masyarakat Kebumen sempat digegerkan dengan unggahan video yang menarasikan kemunculan macan di sekitar Pantai Menganti. Video tersebut diunggah akun tiktok @vloeurranger pada Selasa (20/11).

Baca Juga: Peringatan Hari Macan Tutul Internasional: Memperingati Kebergaman Satwa Liar Di Dunia

Dalam video beredar perekam tampak panik dengan nafas terengah-engah. Tepatnya ketika melihat kemunculan hewan liar tersebut dari sela-sela hamparan bukit. Belum diketahui pasti pembuat video adalah warga sekitar atau bukan.

Kepala Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah Sutono memastikan penampakan hewan tersebut bukan macan, melainkan hewan yang tergolong menyerupai macan. “Bukan macan tapi blacan, jenis kucing tapi lebih besar dari kucing,” ucapnya. (fid/din)

Lainnya

Exit mobile version